Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Jumat (1/2/2019) sukses mengadakan Malam Inaugurasi. Peserta yang merupakan para calon wisudawan dan wisudawati Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Periode II beserta orang tua/wali ini datang dengan wajah yang ceria serta bahagia. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa wajah-wajah ceria inilah yang nantinya akan menjadi calon orang sukses.

“Hari ini masih jadi mahasiswa, namun besok sudah bukan menjadi mahasiswa lagi. Setelah lulus nanti jangan pernah lupakan almamater kita tercinta” ujar Zaenuri. Hal itu disampaikan karena dibalik suksesnya alumni dapat menunjukkan bahwa lulusan Prodi Ilmu Pemerintahan UMY memiliki kualitas yang sama bahkan lebih dari universitas negeri. Selain itu, Zaenuri juga menyampaikan bahwa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY mendapat amanah dari Pimpinan Universitas untuk mengajukan Sertifikasi AUN-QA. Karena Prodi IP UMY dinilai mampu dan layak untuk mendapatkan sertifikasi internasional.
Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si selaku Dekan Fisipol UMY dalam sambutan sekaligus membuka acara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Prodi Ilmu Pemerintahan UMY yang telah sukses menyelenggarakan Malam Inaugurasi.

Selain itu, Bu Titin juga memberikan pesan bagi para calon wisudawan dan wisudawati yang wisuda pada Sabtu, 2 Februari 2019. “Jika kelak menjadi politikus, maka jadilah politikus yang amanah dan tetap harus menanamkan nilai-nilai keislaman dalam menjalaninya,” ujar Titin. Pesan yang disampaikan tersebut merupakan harapan kepada para lulusan universitas yang berlebel Unggul dan Islami ini. Selain unggul dalam akademik, para alumni juga harus unggul dalam menjalankan syariat dan nilai-nilai keIslaman yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang selalu diingat adalah perjuangan pada saat menunggu wisuda. Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Wisuda adalah awal dari segalanya, kita harus keluar dari batas yang kita miliki,” Ungkap Mia Rosmiati, Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Kelas Internasional (IGOV) Angkatan 2015. Kemudian Mahasiswa yang menyandang status lulusan terbaik Prodi Ilmu Pemerintahan UMY dengan IPK 3.89 ini mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua dan seluruh jajaran Prodi Ilmu Pemerintahan UMY atas komitmenya dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa dengan sangat baik dan senantiasa meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di Prodi Ilmu Pemerintahan UMY.

Pada kesempatan yang sama perwakilan orang tua yang diwakili oleh Ayahanda dari Muhammad Gema Ramadhan, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos juga merupakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengungkapkan kebahagiaannya. Dalam sambutan yang dihadiri oleh seluruh Pengelola dan Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UMY dan Magister Ilmu Pemerintahan UMY, Heru megucapkan banyak terimakasih dan kesan baik untuk Prodi Ilmu Pemerintahan UMY yang sudah 3 kali terakreditasi A dari BAN-PT. Hal tersebut disampaikan karena berkat bimbingan dan pelayanan maksimal yang telah diberikan, para calon wisudawan dan wisudawati Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Periode II ini dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan dibekali dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk berkiprah baik dilevel nasional maupun internasional. Karena hal ini sesuai dengan tagline UMY yaitu Millennials and Global. (*Fs)

Berita terkait: https://www.radarjogja.co/2019/02/04/ilmu-pemerintahan-umy-gelar-malam-inaugurasi/