Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih akreditasi “A” pada tahun 2017, setelah dilakukannya visitasi pada 11 hingga 12 Desember 2017 oleh Tim Assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Tak hanya itu, akreditasi A yang diraih oleh UMY ini juga mengalami peningkatan skor yang signifikan, yakni naik menjadi 369 berdasarkan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) yang juga pertama kalinya diikuti oleh UMY. Informasi perolehan skor akreditasi A tersebut didapatkan UMY melalui situs resmi SAPTO BAN PT.

Jika sebelumnya sistem akreditasi menggunakan offline hanya menggunakan dua tahapan penilaian yaitu desk evaluation dan visitasi. Maka sistem SAPTO sendiri mulai diberlakukan pada pertengahan tahun 2017 yang dianggap lebih kompetitif dikarenakan dalam proses penilaiannya, sebuah perguruan tinggi diharuskan untuk melalui empat tahap, yakni desk evaluation, validator pertama, visitasi, validator kedua, barulah kemudian masuk ke rapat akhir BAN PT.

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto menjelaskan melalui sistem SAPTO dinilai lebih kompetitif, karena penilaian awal dilakukan secara online oleh asesor desk evaluation berdasarkan borang akreditasi yang telah diunggah ke sistem SAPTO, setelah didapatkan nilai awal maka akan digabungkan dan dimasukkan ke tim validator. Kemudian, bekal nilai yang telah divalidasi oleh validator, tima asesor akan datang ke perguruan tinggi untuk memverifikasi betul tidaknya dokumen online yang telah diunggah dan mereka dapatkan tersebut.

Sudah banyak rangkaian persiapan serta perjalanan panjang yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk memperoleh akreditasi A tersebut. Melalui peningkatan kualitas penelitian, pengabdian, publikasi dan peningkatan mutu pendidikan studi sarjana, dari jumlah 23 program studi sarjana 16 diantaranya sudah terakreditasi A atau sekitar 70 persen salah satunya Program Studi Ilmu Pemerintahan. Didukung oleh beberapa program studi sarjana kelas Internasional seperti International Governmental Studies (IGOV) dan program Pascasarjana terakreditasi A yaitu Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) dan program Doktor Politik Islam.

Dalam sambutannya pada acara pelepasan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dan KKN Internasional gelombang ke 2 periode 2017-2018, Selasa 09 Januari 2017. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dan kontribusi berbagai pihak sehingga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil terakreditasi A. “Kami berterimaksih kepada berbagai pihak masyarakat, dosen dan mahasiswa yang telah membawa nama baik UMY, pengabdian dan penelitian menjadi poin penting dalam meningkatnya kualitas nilai akreditasi UMY. UMY memiliki berbagai program KKN seperti KKN tematik, KKN Internasional dan KKN mandiri ke daerah 3T (terdepan terluar dan tertinggal), harapannya akreditasi yang telah kita dapatkan tidak hanya nilai di atas kertas saja. Namun dapat dibuktikan dengan adanya kontribusi mahasiswa kepada kemajuan pembangunan di berbagai pelosok Indonesia”.