Pada tanggal 25 Agustus 2017 ini, salah satu dosen IP dan MIP UMY yaitu Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc.  dikukuhkan sebagai Guru Besar di bidang Ilmu Pemerintahan.  Adanya profesor baru di IP dan MIP UMY ini semakin memantapkan IP, IGOV, dan MIP UMY untuk menjadi anchor pengembangan Ilmu Pemerintahan di UMY dan secara umum di Indonesia. Dalam pidato pengukuhan Guru Besarnya Prof Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. mengambil judul: “Tata Kelola Pemerintahan yang Tidak Teroganisir dan Terfragmentasi: Bagaimana Perspektif Tindak Kolektif Muhammadiyah tentang Tata Kelola Pemerintahan yang Amanah (Amanah Governance)?” Prof. Dr. Ahchmad Nurmandi, M.Sc menjelaskan bahwa masalah yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan secara umum terjadi pada semua negara, terutama  untuk memahami tantangan pemerintah kita sendiri melalui temuan empiris. Dari tinjauan pustaka, dapat diketahui bahwa semua masalah tata kelola bersifat dinamis dan kompleks. Kompleksitas pemerintahan ini berkisar dari penerapan, struktur dan prosesnya hingga evaluasi keluarannya yang sulit disinkronkan.

Dari konsep Amanah Governance tersebut, persoalan tata kelola pemerintahan menjadi penting untuk ditinjau ulang. Termasuk bagaimana pengembangan tata kelola pemerintahan di Indonesia yang mampu mengelaborasi praktek-praktek empiris yang menggabungkan konsep good governance yang selama ini banyak konsep dari Eropa dan Amerika.

Kontribusi pengembangan Good Governance ke dalam konsep Amanah Governance ini linear dengan kerja nyata Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIPOL UMY bersama IGOV (International Class of Government) yang terakreditasi A dari BAN-PT dan Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang juga terakreditasi A dari BAN-PT serta terakreditasi internasional dari APSPA (Asia Pacific Society for Public Affairs) dalam  mengawal tata kelola pemerintahan, reformasi birokrasi, meningkatkan kapasitas partai politik, memberi masukan pada sistem pemilu, dan mengawal pemberantasan korupsi. Dibawah Jusuf Kalla School of Government (JKSG) UMY ketiga unit tersebut tumbuh dengan pesat seiring dengan prestasi high performing organization baik di level nasional maupun internasional. Sebagai bagian dari entitas Perguruan Tinggi, reputasi dan prestasi yang dibangun merupakan kinerja simultan yang dicapai berdasar perencanaan strategis yang dirancang dengan penuh kehati-hatian menjaga kepercayaan masyarakat.  Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. selaku Wakil Rektor UMY Bidang Kerjasama dan Internasional menyampaikan bahwa  Kontribusi JKSG UMY ditujukan untuk mendorong kepemimpinan yang kuat dan efektif menuju pemerintahan yang demokratis. Selain itu, JSKG Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga konsisten untuk mendidik politisi, birokrat, dan masyarakat sipil melalui pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam kapasitas pemerintah.