Dalam rangka menyatukan kekompakan dan solidaritas mahasiswa baru Ilmu Pemerintahan UMY 2017, Laboratorium IP mengadakan outbound di Kebun Buah Mangunan. Acara yang di mulai pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 sore diikuti oleh 281 mahasiswa baru serta seluruh staf Laboratorium IP yang tergabung dalam Timses acara tersebut. Outbound ini sebagai bentuk softskill Ilmu Pemerintahan UMY serta mempersiapan mahasiswa baru menyambut kehidupan perkuliahan. Selain itu, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan salah satu 3 pilar pembinaan kemahasiswan yaitu berlandaskan spiritual, intelektual dan kepedulian sosial. Nantinya mahasiswa Ilmu Pemerintahan tidak hanya mahir dalam akademik dan intlektual di bangku perkuliahan namun diharapkan mampu memiliki rasa kepedulian sosial rasa persaudaraan antara sesama.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu (09/10) tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY untuk menyatukan visi dan misi serta lebih mengompakkan mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. Dalam kesempatan ini  Sakir, S.IP., M.IP selaku Koordinator Laboratorium IP UMY menjelaskan bahwa tujuan dari Outbound untuk mahasiswa baru 2017 adalah untuk membangun kebersamaan dan agar mahasiswa memiliki sensitifitas sosial serta peduli terhadap kelestarian lingkungan/alam. ”Karena kami melihat bahwa mahasiswa sekarang sudah mulai luntur kebersamaan, kurang peduli dan berempati dengan masalah sosial serta masalah kelestarian lingkungan/alam” terang Sakir, S.IP., M.IP.

Kegiatan Outbound tersebut terdiri dari beberapa permainan yang bertujuan untuk melatih konsentrasi, kepercayaan dan kekompakan para peserta. Ada beberapa bentuk-bentuk kegiatan outbound tersebut berupa simulasi dari kehidupan melalui permainan-permainan (games) yang kreatif, rekreatif, dan edukatif, baik secara individu maupun kelompok, seperti repling, flyingfox, balap bola dan beberapa permainan lainnya yang membutuhkan kekompakan kelompok. Permainan permaianan tersebut dengan tujuan untuk pengembangan diri (personal development) maupun kelompok (team development).

Terlihat seluruh mahasiswa baru IP UMY 2017 begitu semangat dalam melakukan kegiatan outbond, hal tersebut terbukti dengan keseruan jargon yang selalu diucapkan dengan lantang dan semangat saat memulai permainan. Melalui kegiatan maupun pelatihan outbound diharapkan mampu memberikan pribadi yang baru dengan motivasi tinggi, berani, mempunyai kepercayaan diri yang tinggi mampu berfikir kreatif, memiliki rasa kebersamaan, mampu bertanggung jawab dengan segala resikonya, kooperatif, rasa saling percaya dengan orang lain. Selain itu dengan acara tersebut diharapkan mahasiswa memiliki perilaku jujur dalam kehidupannya. Karena kegiatan positif outbound dapat membangun karakter dan perilaku mahasiswa melaui pendekatan yang efektif dan komunikatif