Sabtu, 27 Januari 2018. Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Magister Ilmu Pemerintahan UMY menyelenggarakan sekolah kepemiluan. Dalam acara yang dilaksanakan di Ruang Kelas 310 Gedung Pascasarjana UMY Lantai 3 dihadiri partisipan dari Mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan Magister Ilmu Pemerintahan UMY. Penyelenggara Pemilu yang merupakan elemen penting dalam mendorong terlaksananya demokratisasi di tingkat lokal, sehingga butuh ntuk menguatkan pemahaman nilai demokrasi secara mendalam, sekiranya mampu Menyelenggarakan Pemilu dengan baik dan aman, terutama Penyelenggaraan Pemilu demi mendorong partisipasi warga negara agar sesuai dengan pola pikir terciptanya demokrasi subtansial yang diharapkan oleh landasan negara dan ideologi bangsa.

Tujuan dari dilaksanakannya sekolah pemilu ini adalah untuk memperkuat kemampuan dan kecerdasan semua stakeholder yang terlibat dalam pemilu demi terciptanya pemilu yang bertangung jawab, transparan, adil dan berintegritas, dan akan berupaya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat sesuai dengan amanah UUD 1945. Adapun materi yang disampaikan adalah mengenai Demokrasi Dan Kepemiluan oleh Tunjung Sulaksono, M.Si, Partisipasi Dan Hak Masyarakat Dalam Pemilu oleh Wais Alqarni, Penyelenggaraan Pemilu Oleh Bapak Farid Bambang Siswantoro, S.IP, dan Penyelesaian Sengketa Pemilu Oleh Bapak Bambang Eka Cahya Widodo, M.Si

Hasil yang diharapkan dari sekolah pemilu 2018 ini adalah sebagai sarana meningkatkan pemahaman tentang pemilu, hak pemilih di Indonesia, dan mengerti serta paham apa saja yang mejadi tugas pokok dan fungsi jika menjadi bagian dari penyelenggara pemilu.