Tim debat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil meraih Gelar Juara dalam kompetisi Debat Nasional Polgovdays 2017 yang mengambil tema tentang Digitalisasi Pemerintahan di Indonesia.
Kompetisi tersebut melewati tahapan penyisihan dimulai dari penyisihan essay untuk maju ke babak finalis. Hanya ada 16 tim debat dari seluruh Universitas se Indonesia dan UMY menjadi satu satunya Perguruan Tinggi Swasta yang masuk babak finalis dan itu dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan Hubungan Internasional UMY. Di babak finalis UMY bersaing dengan universitas terbaik se Indonesia diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Universitas Riau, Universitas Negeri Lampung, Universitas Hassanuddin dan Universitas Diponegoro (20/10/2017).

Di babak 16 besar UMY melalui 3 babak Pre eliminasi, pertandingan pertama UMY memenangkan pertandingan melawan Universitas Negeri Lampung A dengan kemenangan voting 3-0 dari 3 dewan juri, selanjutnya UMY memenangkan pertandingan melawan Universitas Airlangga A dengan kemenangan 3-0 dari 3 vote dewan juri dan di pertandingan terakhir babak pre eliminasi UMY mengalahkan Universitas Padjadjaran dengan kemenamgan mutlak 3-0 dan UMY menjadi pemuncak klasemen babak pre eliminasi dari 16 Tim debat se Indonesia.

Dibabak 8 besar UMY bertemu dengan tim Universitas Brawijaya B dan pertandingan tersebut dimenangkan oleh UMY dengan kemenangan Mutlak 3-0 dari vote 3 juri. Selanjutnya di babak semifinal UMY bertemu dengan Universitas Airlangga B dan UMY kembali menang mutlak dengan 3-0 dari vote 3 dewan juri.
Dibabak Grand Final UMY bertemu dengan Universitas Brawijaya A dan di partai final menggunakan 5 dewan juri. Dan hasil dari kompetisi ini UMY memenangkan pertandingan dengan mutlak 5-0. Dan diantara seluruh pembicara yang ada di di kompetisi tersebut 3 pembicara UMY masuk dalam 10 Besar pembicara terbaik.

Dalam waktu 6 bulan terakhir ini, tim debat UMY telah berhasil menjuarai berbagai kompetisi debat, diantaranya juara pertama pada lomba debat nasional di UIN Pekanbaru Riau, Juara 1 di UIN Alaudin Makasar, Juara 1 di Universitas Mulawarman Samarinda, Juara 1 di UIN Alaudin yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi. Kemudian Juara 1 piala gubernur DIY dalam pekan keilmuan sosial politik, Juara 2 di Universitas Widyatama Bandung, Juara 2 di Internasional Accounting Weeks, dan juara 1 di Universitas Negeri Makassar. Prestasi terbaru yang diraih oleh tim debat UMY kali ini adalah berhasil meraih juara 1 lomba debat yang diadakan oleh Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Tim debat UMY yang diwakili oleh Yopi Irianto Panut mahasiswa Hubungan Internasional (HI) (2013), Flory Rahmah Abiwawanti dan Afriza Sanjaya mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP 2014).

Adapun dari pihak UMY menkonfirmasi mengenai dari hasil ini oleh Hilman Latief Ph.D. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan UMY saat ditemui di ruang kerjanya.
Beliau menyatakan “Senang dan bangga dengan prestasi ini dan tentu saja berharap bahwa keterampilan komunikasi publik dalam bentuk debat bisa di tularkan kepada mahasiswa mahasiswa yang lain. Saya berharap kedepan tim debat bisa berkembang dengan membentuk tim debat berbahasa asing yakni Inggris maupun Arab.”