Yogyakarta, 13 maret 2019, Dalam rangka peningkatan kapasitas Pengerak Desa Anti Politik Uang, Komuitas Independen Sadar Pemilu bersama Laboratorium Ilmu Pemerintahan mengadakan Training Kepemiluan Vol.5 dengan tema “Pengerak Desa Anti Politik Uang (APU)” yang dilaksanan di Ruang Sidang Fisipol UMY.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan Kapasitas para pengerak Desa Anti Politik Uang agar dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat di masing-masing desa para pengerak Desa APU. Training Kepemiluan ini sangat penting mengingat politik uang mulai masif dilakukan oleh para oknum tim kampanye, dan training kepemiluan ini salah satu komitmen Komunitas Independen Sadar Pemilu dan Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY untuk melawan Politik Uang.

Politik Uang adalah pembusukan demokrasi yang selama ini menjadi akar budaya masyarakat Indonesia yang buruk dalam setiap perhelatan pesta demokrasi. Komunitas Independen Sadar Pemilu

Bambang Eka Cahya Widodo selaku Pembina KISP mengatakan Politik uang merupakan salah satu pembusakn demokrasi, akar dari Korupsi salah satunya adalah Politik Uang, oleh sebab itu Politik Uang harus dilawan secara bersama-sama (Azk)