Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah melaksanakan Yudisium periode II tahun akademik 2017-2018 pada hari Kamis 04 Januari 2018. Bertempat di Ruang Sidang AR Fachruddin B lantai 5 kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara yudisium dihadiri oleh Dekan FISIPOL, Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si, dan jajaran wakil dekan FISIPOL. Turut serta Kepala Prodi Ilmu Pemerintahan Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si, dan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan Awang Darumurti, S.IP., M.Si. serta seluruh Kepala Program Studi di lingkungan FISIPOL.

Acara Yudisium dipimpin langsung oleh Dekan Dekan FISIPOL, Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si, dalam sambutannya Dr. Titin Purwaningsih menyampaikan ucapan selamat bagi calon wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dr. Titin Purwaningsih menegaskan bahwa yudisium ini merupakan langkah awal untuk melangkah ke tahap-tahap berikutnya dan perjuangan baru. “Mungkin ada dari ananda yang akan melanjutkan ke jenjang magister atau menjadi pegawai, wirausaha hingga dosen maupun aktivis. Kiprah anda di dalam masyarakat kami berharap menjadi insan alumni UMY yang sukses dimanapun anda berada. Tidak perlu khawatir cumlaude ataupun tidak tetapi proses yang perlu kita hargai. Setiap masing-masing orang memiliki jalan sendiri dengan speed yang berbeda-beda, yang ditentukan di dalam kerja nanti bukan IPK saja namun pengalaman yang di dapatkan di perkuliahan”, jelas Dr. Titin Purwaningsih. Mengakhiri sambutannya Dekan FISIPOL berpesan untuk tetap menjalin hubungan antara alumni dan fakultas dimanapun berada.

Mengawali acara, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Aswad Ishak, S.IP., M.Si. sebagai ketua panitia yudisium periode II TA. 2017/2018 membacakan laporan bahwa sebanyak 266 mahasiswa terdiri dari laki 128 perempuan 98 akan diwisuda pada periode ini. Dengan komposisi Prodi Hubungan Internasional berjumlah 67 mahasiswa, Prodi Ilmu Pemerintahan 95 mahasiswa dan Prodi Ilmu Komunikasi berjumlah 64 mahasiswa. Dari sisi kualitas indeks prestasi kumulatif tertinggi Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diraih oleh program studi Ilmu Pemerintahan atas nama Rachmadi Alam dengan IPK 3,90, mahasiswa termuda Ilmu Pemerintahan yakni Dias Ayu Hapsari (20) tahun dan predikat cumlaude Ilmu Pemerintahan pada priode wisuda ini mencapai 21 mahasiswa.

 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yudisium periode II TA. 2017/2018 yang pimpin langsung oleh dekan FISIPOL serta penyerahan transkrip nilai kepada calon wisudawan. Dalam acara yudisium ini diselenggarakan pula pembekalan dunia kerja bertindak sebagai pembicara Nuratna Dewi Karniawati Jaelani S.IP selaku Human Resources Manager Neo Awana Yogyakarta. Secara umum Dewi Karniawati menjelaskan mengenai pembuatan Curriculum Vitae yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan serta tata cara dan attitude pada saat interview bagi calon pegawai.

Yudisium salah satu proses akademik untuk menandakan kelulusan mahasiswa dalam proses akademik. Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil mahasiswa dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu.