Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP Fisipol UMY) pada Sabtu (24/11) mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Smart City dalam Konteks Perencanaan Pembangunan”.

Kegiatan Kuliah Umum yang dilaksanakan di Gedung K.H. Ibrahim E.6 Lantai 5 Kampus Terpadu UMY dihadiri oleh Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si, Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP, Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY Sakir, S.IP., M.IP, dan Pembicara Utama dari Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA.

Membuka kuliah umum kali ini, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si mengatakan harapan dari diadakannya kuliah umum ini adalah mahasiswa mampu mengetahui bagaimana implementasi terkait pembangunan daerah berbasis E-Gov sehingga tidak hanya memahami konsep dan teori terkait pembangunan di daerah saja.

Sebanyak 177 Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY hadir dalam kuliah umum yang dihadiri oleh orang nomor dua di Kota Yogyakarta ini, dan diikuti dengan antusias.

“Pembangunan yang ada di Kota Yogyakarta ini memiliki konsep berkelanjutan dan bukti nyatanya adalah menjadikan Kota Yogyakarta yang nyaman dan aman dengan dibuktikan masih banyaknya wisatawan nasional dan internasional yang berkunjung” Ujar Heroe.

Selanjutnya Wakil Walikota Yogyakarta tersebut menambahkan paparannya dalam merencanakan pembangunan di Kota Yogyakarta harus memperhatikan aspek lingkungan yang berkelanjutan, nilai-nilai kearifan lokal dan meminimalisir permasalahan yang terjadi di ruang lingkup perkotaan.

Permasalahan perkotaan menjadi hal yang urgent untuk segera diselesaikan, oleh karenanya perlu adanya konsep smart city yang saat ini banyak menjadi impian kota-kota besar di Indonesia untuk diterapkan. Heroe Poerwadi beranggapan bahwa konsep smart city yaitu kota yang mampu mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien dengan inovatif integrasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Yogyakarta.

Kota Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang telah menerapkan konsep smart city. “saat ini Kota Yogyakarta telah menerapkan berbagai konsep smart city untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Salah satu penerapanya adalah konsep smart living dimana konsep ini memberikan kemudahan akses terhadap layanan pendidikan”, imbuh Heroe.

Dalam menutup Kuliah Umum Wakil Walikota Yogyakarta menambahkan bahwa perlu adanya progam yang strategis. Untuk mendukung Kota Yogyakarta menjadi smart city, dalam perkembangan era digital saat ini maka diperlukan roadmap agar permasalahan-permasalahan perkotaan mampu diselesaikan secara terintegrasi dengan diciptakannya Satu Langkah Gemilang. (Vindhi/Andrean).