Profil

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita beribu-ribu kenikmatan, baik nikmat Iman dan Islam. Salawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita kepada zaman yang terang benderang seperti saat ini.

Sebagai pusat pengembangan ilmu dan praktik pemerintahan, Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki komitmen dalam peningkatan mutu akdemik dan pelayanan kepada civitas akademika. Sesuai dengan visi dan misi program studi Ilmu Pemerintahan UMY yaitu menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat, serta menjadi leading di Asia Tenggara maka perlu untuk menyampaikan informasi yang akurat dan cepat.

Dengan adanya supporting system Laboratorium Ilmu Pemerintahan dan perpustakaan atau ruang referensi sebagai Resource Centre, nilai dan budaya akademik diwujudkan secara kongkrit melalui update informasi yang komprehensif. Dalam mewujudkan penguatan praktik pemerintahan, Jurusan Ilmu Pemerintahan telah menjalin kerjasama kelembagaan kepada seluruh stakeholder baik Institusi pemerintahan maupun Perguruan Tinggi lainnya, dalam kancah Nasional maupun Internasional dalam bentuk program magang, riset, serta pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Kemudian, dalam rangka untuk mendukung internasionalisasi prodi Ilmu Pemerintahan meiliki kelas Internasional dan sudah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi terkemuka diberbagai negara antara lain Malaysia, Thailand, Korea, Philipine, Taiwan, Australia, Amerika, dan masih banyak lagi. Disamping itu jurusan Ilmu Pemerintahan juga membekali berbagai soft skills kepada mahasiswa sebagai bentuk fasilitasi pengembangan seperti public speaking, bahasa inggris, leadership dan yang lainnya yang menunjang mahasiswa baik selama masih kuliah maupun setelah lulus nanti.

Semoga dengan adanya website Ilmu Pemerintahan, dapat memberikan informasi-informasi yang relevan dan komprehensif sesuai dengan bidang Ilmu Pemerintahan. Kritik dan saran sangat kami perlukan untuk perbaikan lebih lanjut.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY

 

Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si.

Sambutan Ketua Prodi

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah (Prodi IP Fisipol UMY) merupakan salah satu program studi yang berada di UMY, didirikan pada tahun 1986 dan memperoleh status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (SK Mendikbud RI) pada tanggal 1 Februari 1990. Sejalan dengan prestasi yang telah banyak di raih, Prodi IP Fisipol UMY memperoleh status “Diakui” dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor:12/DIKTI/Kep/1992 pada tanggal 9 Maret 1992. Pada tahun 1995, Prodi IP Fisipol UMY berhasil meningkatkan eligibilitasnya dengan status “Disamakan” berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 67/DIKTI/Kep/1995 kemudian mendapatkan Peringkat Akreditasi  B diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan Nomor 78/D/0/1997. Pada tahun 2003 Prodi IP Fisipol UMY memperoleh peringkat akreditasi A untuk pertama kalinya berdasarkan Surat Keputusan Nomor 045/BAN-PT/Ak-VII/S1/XII/2003. Kemudian pada tahun 2009 Prodi IP Fisipol UMY memperoleh kembali peringkat Akreditasi A untuk kedua kalinya dari BAN-PT dengan Surat Keputusan Nomor: 037/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009 dan pada tahun 2012 Prodi Ilmu Pemerintahan melaksanakan reakreditasi dan kembali mempertahankan peringkat Akreditasi A dari BAN-PT dengan Surat Keputusan Nomor:176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014.

Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, Prodi IP Fisipol UMY telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2010 dan pada tahun 2014 melakukan penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi  (SNPT) 2014 menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitas practical skills, peningkatan kualitas soft skills, peningkatan aktivitas pembelajaran dengan model Student Centered Learning (SCL) dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga lulusan program studi Ilmu Pemerintahan yang ditunjukkan pada profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.

Sejarah

Visi 

Menjadi Program Studi Ilmu Pemerintahan yang Unggul dalam pengembangan Ilmu Pemerintahan yang berlandaskan nilai – nilai Islam untuk kemaslahatan umat di level ASEAN pada tahun 2021.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi global yang bertumpu pada nilai-nilai keIslaman.
  2. Menyelenggarakan penelitian pada bidang ilmu pemerintahan yang berfokus pada kajian tata kelola pemerintahan, kepemimpinan, manajemen konflik dan tata kelola lingkungan
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan persoalan dan kebutuhan masyarakat melalui pendekatan ilmu pemerintahan kontemporer berlandaskan nilai-nilai Islam.
  4. Mengembangan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pemerintahan.

Tujuan

  1. Terwujudnya alumni yang memiliki kompetensi teoritik dan teknis di bidang pemerintahan berstandar nasional dan internasional yang memiliki nilai – nilai dasar Islam yang kuat.
  2. Terwujudnya karya-karya ilmiah sivitas akademika dalam publikasi nasional dan internasional yang berguna bagi pengembangan ilmu pemerintahan.
  3. Terwujudnya pengabdian yang memiliki kemanfaatan bagi stakeholders pemerintahan dan masyarakat.

 

Digital Laboratory  & Research Centre
Digital Laboratory & Research Centre

Digital Laboratory & Research Centre merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Prodi Ilmu Pemerintahan UMY sebagai penunjang dan pendukung dalam mengembangkan minat mahasiswa dalam membaca, meneliti dan menganalisis serta menjadi wadah mahasiswa untuk bertukar pikiran. Dengan desain ruangan yang menarik dan modern, Digital Laboratory & Research Centre menjadi tempat favorit bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY.

Ruang Kelas
Ruang Kelas

Ruang Kuliah merupakan tempat yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Ruang Kuliah yang berada di Prodi Ilmu Pemerintahan UMY merupakan representatif dari bentuk pelayanan yang mengedepankan kenyamanan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang baik bagi dosen maupun mahasiswa.

Laboratorium Komputer
Laboratorium Komputer

Ruang Laboratorium Komputer merupakan sarana pendukung dalam kegiatan praktikum bagi mahasiswa maupun dosen.