Yudisium Titik 0 bagi Seorang Sarjana

Mei 16, 2018 oleh : superadmin-ip

Sebanyak 392 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Pemerintahan mengikuti Yudisium dan Pelepasan calon wisudawan/wisudawati periode III tahun akademik 2017-2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jika dilihat dari sisi jumlah lulusan per-prodi maka jumlah mahasiswa IP sebanyak 151, HI 163 dan IK 74 mahasiswa. Acara Yudisium pada Selasa 15  Mei 2018, dihadiri oleh Dr. Titin Purwaningsih, M.Si. (Dekan Fisipol), Aswad Ishak, S.IP., M.Si. (Wakil Dekan Fisipol Bidang Kemahasiswaan), Ketua dan Sekretaris Program Studi HI, IK, dan IP dan Jajaran Pejabat Struktural maupun  Kepala Tata Usaha dan Staf Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Diawali dengan penyampaian laporan Ketua Panitia Yudisium oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan terkait data mahasiswa lulusan terbaik dari masing-masing program studi. Predikat mahasiswa terbaik dari Program Studi Ilmu Pemerintahan diraih oleh Siti Elfiyanti dengan jumlah total mahasiswa IP predikat cumlaude sebanyak 59 Mahasiswa. Dalam sambutannya Dr. Titin Purwaningsih menyampaikan selamat atas seluruh mahasiswa yang telah lulus dan mengikuti Yudisium apapun predikatnya. Ada sekitar 30% dari lulusan saat ini yang meraih predikat cumlaude. Namun, bukan berarti yang lainnya (yang tidak cumlaude) tidak ada artinya. “ada sekitar 30% dari total peserta Yudisum yang cumlaude, dan sisianya bukan berarti cemeload (kemelut), Anda sudah bersusah payah menyelesaikan studi, bukan tidak pintar, mungkin halangan yang anda hadapi. Atau mungkin ada kondisi tertentu sehingga ada hambatan ketika kuliah, belum menemukan passion dalam belajar”, ujar Dr. Titin Purwaningsih

Selanjutnya Dr. Titin Purwaningsih menghimbau agar mahasiswa terus mempersiapkan diri menghadapi perjalanan selanjutnya karena Yudisium bukan langkah akhir, ini langkah awal untuk tahap berikutnya. Pasti akan menemukan hambatan, tidak perlu putus asa, jadikan hambatan sebagai tantangan untuk menggapai cita-cita. IPK itu tidak menentukan segalanya, harus disertai dengan kemampuan lainnya. “Masa depan menanti anda diluar sana, tekad anda menentukan perjalalan anda diluar sana, restu orang tua sangat penting bagi kehidupan anda”, kata Dr. Titin Purwaningsih. Selain itu Dr. Titin Purwaningsih menekankan para mahasiswa peserta Yudisium calon wisudawan/ti periode ke III untuk terus menjalin komunikasi dengan Fisipol. ”Memohon doa pada kalian semua semoga Fisipol dapat mempertahankan akreditasinya dengan nilai yang terus meningkat. Serta mampu mempersiapkan sertifikasi akreditasi pada level Asean”, ujar Dr. Titin Purwaningsih.

Menurut Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP. (Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan) bahwa Yudisium menjadi titik 0 bagi seorang sarjana untuk terjun ke dunia nyata. Dengan Yudisium dan pembekalan yang diberikan maka diharapkan calon wisudawan dapat berkompetisi di dunia kerja ataupun dunia usaha. “Kami berharap alumni tidak lupa dengan Prodi Ilmu Pemerintahan UMY dan bisa berkontribusi buat Prodi”, ungkap Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP.. Acara dilanjutkan dengan pembagian transkip nilai oleh masing masing program studi yang dilakukan oleh Sekretaris Prodi dan Ketua Prodi HI, IP dan IK.