Workshop Implementasi Aplikasi Sister Ristekdikti IP UMY

May 26, 2018, oleh: superadmin

Sistem aplikasi SISTer (Sistem Informasi Terintegrasi) yang launching pada tahun 2017 (

http://sumberdaya.ristekdikti.go.id

) oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti diyakini menjadi portofolio bagi tenaga pendidik di Indonesia baik bagi dosen, tenaga pendidikan maupun Perguruan Tinggi. SISTer mampu mengakomodasi berbagai aktivitas kinerja yang memungkinkan setiap layanan saling terhubung satu sama lain, sehingga dapat memperkaya portofolio dosen dan mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir dosen. Sedangkan bagi Perguruan Tinggi menjadi validator, mempercepat pengambilan kebijakan serta basis data akreditasi lembaga dengan memanfaatkan data yang terhimpun di dalam SISTer.
Dalam rangka mengajak seluruh Dosen Ilmu Pemerintahan UMY untuk memastikan terselenggaranya pemanfaatan sistem aplikasi SISTer, maka Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY menyelanggarakan Workshop dan Implementasi Sistem Informasi (SISTer) 2018 bertempat di Laboratorium Komputer Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY pada Sabtu, 26 Mei 2018. Workshop yang dihadiri oleh Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. (Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional), Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si. (Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY) dan Sakir, S.IP., M.IP. (Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan) serta 23 Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan.
Acara dilanjutkan rapat Plotting Dosen Pengampu Mata Perkuliahan untuk penentuan mata pekuliahan semester gasal 2018-2019 yang dimpin oleh Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP. (Sekretaris Prodi IP) dihadiri oleh pihak-pihak terkait, Ketua Program Studi, Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY dan Tenaga Kependidikan (Temporary Staf). Pada kesempatan ini Eko Atmojo menjabarkan susunan hasil plotting kepada seluruh pihak terkait yang selanjutnya dapat ditanggapi oleh para peserta.
Diwawancarai secara terpisah di ruangnya, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Dr. Muchamad Zaenuri mengatakan bahwa selama ini dalam rangka meningkatkan mutu akademik dan non akademik masalahan yang muncul yaitu ketersediaan dokumen semua potensi dosen. Ketika menghadapi akreditasi akan kesulitan mencari data, maka dengan SISTer nanti akan memudahkan memperoleh data dan menilai kinerja dosen. Produktifvitas dosen juga akan terlihat, roadmap penelitian dan akan diketahui keahlian yang dimiliki dosen berdasarkan publikasi dan penelitiannya.
 
Penulis : Rido Argo Mukti
Foto : Arya Dwiyoga