Yogyakarta – Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) menyelenggarakan sosialisasi Program Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada seluruh Dosen UMY. Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pada bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Pada Sabtu, 03 November 2018 bertempat di Ruang Sidang Fisipol UMY, para dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UMY berkesempatan mendapatkan sosialisasi Program Tri Dharma Perguruan tinggi oleh LP3M UMY.

Dr. Ir. Gatot Supangkat, MP selaku Kepala LP3M UMY mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah kita untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian dan pengabdian bagi dosen. “Sejatinya tugas dari dosen bukan hanya untuk mengajar saja, namun juga untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, ungkapnya.

Selain itu Gatot menyampaikan bahwa kegiatan yang sosialisasi yang dilakukan oleh LP3M ini merupakan tindak lanjut dari Rencana Strategis (Renstra) dan road map yang telah ditetapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

“Sosialiasi ini juga sebagai langkah kita untuk memberikan motivasi kepada bapak dan ibu dosen Fisipol UMY dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat internasional, karena sesuai dengan Renstra yang telah ditetapkan oleh UMY target pada tahun 2020 kampus kita dikenal dan dapat berbicara banyak di kancah internasional”, ujar Gatot.

Selain untuk mewujudkan Tri Dharma, Ketua LP3M UMY itu menuturkan bahwa masing-masing dari dosen harus dapat mewujudkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan atau Catur Dharma Perguruan Tinggi dalam setiap menjalankan tugasnya sebagai dosen. “Karena kita hidup dilingkungan Muhammadiyah, oleh karena itu kita harus menjalankan amanah Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan juga dapat diintregasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan”.

Dianita Sugiyono, S.Kep., Ns., MHID selaku Kepala Divisi Publikasi LP3M UMY menuturkan harapan dari diadakannya sosialisasi kali ini adalah untuk mengoptimalkan penelitian dan pengabdian yang dapat memiliki manfaat yang nyata bagi masyarakat atau yang membutuhkan. Kemudian dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen mampu memenuhi Indeks Kinerja Strategis (IKS). (Vindhi).