Pada hari Ahad (15/10) ratusan mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY angkatan 2017 mengikuti Social Day 2017 yang diselenggarakan Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Komap) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Social Day  merupakan acara tahunan dalam rangkaian Gebyar Government. Setelah dua tahun sebelumnya selalu diadakan di Dusun Ngebel, Social Day kali ini diadakan di Dusun Bengen, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa diwajibkan menggelar berbagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat di RT di Pedukuhan Bengen, Kasihan, Bantul.

Acara ini dihadiri oleh Kepala dukuh Bangen bapak Rohadi, tokoh agama dan masyarakat, Kepala jurusan Ilmu Pemerintahan UMY yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Komap) Aldri Samsa. Social Day pada tahun ini mengusung tema “Budaya berbagi guna mengabdi pada negri”. Tujuan dari kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY. Kegiatan tahunan ini juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengabdi dan membangun desa. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat terlatih untuk berhadapan dengan masyarkat sedini mungkin. Sebab, mahasiswa ketika lulus nanti akan kembali kembali kepada masyarakat.

Rangkaian acara Social Day 2017 dibuka secara resmi oleh kepala dukuh Bangen Bapak Rohadi, pada sambutannya Rohadi berpesan bahwa mahasiswa seharusnya mampu menjalin komunikasi dan mengabdi bagi masyarakat. Walaupun pada prosesnya nanti ada ketidakcocokan pendapat dan prilaku antara mahasiswa dan masyarakat. Namun, itu tidak menjadi masalah, mahasiswa harus mampu mengatasi itu semua. Aldri Samsa selaku perwakilan dari Kepala jurusan Ilmu Pemerintahan UMY megungkapkan buatlah Social Day 2017 senyaman mungkin. Dengan Social Day 2017 dapat melatih diri membangun desa dan kerjasama. Sehingga diharapkan mahasiswa tahun pertama IP UMY dapat aktif dalam rangkaian acara nanti.

Setelah dilakukan pembukaan acara Social Day 2017 secara simbolis dilanjutkan dengan senam aerobik yang dipimpin langsung oleh instruktur wilayah dukuh Bangen. Terlihat masyarakat sangat antusias terbukti dengan sesaknya lapangan dimana acara pembukaan berlangsung. Di acara ini sebanyak 200 peserta dari jurusan IP angkatan 2017 yang disebar ke beberapa Rukun Tangga (RT), peserta akan menggelar kegiatan mulai dari pembukaan, senam aerobik pengundian doorprize dan pembagian hadiah untuk para pemenang doorprize, cek kehesatan gratis hingga pasar murah bagi masyarakat RT lalu dilanjutkan dengan sosialisasi yang telah disiapkan oleh masing-masing kelas untuk RT yang telah menjadi tanggung jawabnya.

Ketua Social Day 2017 Reza Muhammad Nashir, mengungkapkan acara Social Day 2017 merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat dan diharapkan dengan adanya acara ini mampu menjalin silaturrahmi antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta khususnya jurusan Ilmu Pemerintahan kepada masyarakat sekitar. “Sejauh pengamatan kami bahwa tingkat kemiskinan dusun bangen mencapai angka 61 persen sehingga program ini dirasa penting untuk dilakukan, karena dalam rangakain acara Social Day 2017 tiap kelompok dituntut untuk mendampingi setiap RT di dusun Bangen dan membuat program kerja sesuai kebutuhan dan karakteristik RT yng menjadi tanggungjawabnya. Nantinya kelompok tersebut dilibatkan untuk membantu kegiatan masyarakat seperti kerja bakti dan lain bagainnya sesuai program kerja yang telah disusun sebelumnya” jelas Nashir.

Acara sosialisasi dilakukan dibeberapa RT yang menjadi tanggungjawab tiap-tiap kelompok. Sehingga topik yang diangkat tiap kelompok berbeda-beda sesuai kebutuhan RT. Pada kesempatan ini kelompok 1 (Satu) mengangkat topik pada sosialisasi dengan judul “Perkembangan Internet”. Dengan menjelaskan beberapa potret perkembangan internet di Indonesia. Kelompok 1 menerangkan pentingnya bagi masyarakat untuk mengerti perkembangan internet. Karena saat ini untuk mengakses informasi dan komunikasi akan semakin mudah dengan teknologi internet.

Pada akhir acara Social Day 2017 akan diumumkan kelompok terbaik yang dasar penilainnya mengacu pada beberapa komponen seperti inovasi kegiatan, keaktifan dan antusias masyarakat. Program yang dibuat oleh masing-masing kelompok mahasiswa dalam kegiatan itu juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan permasalahan yang ada pada masyarakat. Dengan adanya Social Day ini, mahasiswa IP dapat lebih menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan dapat menumbuhkan kecerdasan emosional bagi peserta karena acara ini membutuhkan kerja sama yang baik antar mahasiswa. (FR)