PRODI IP UMY MEMBANTU PENGEMBANGAN UMKM BATIK PEWARNA ALAMI

Agustus 29, 2018 oleh : superadmin-ip

(28/08/18) Sebagai wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi, beberapa dosen Ilmu Pemerintahan dan Manajemen Universitas Muhammmadiyah Yogyakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya melakukan pemberdayaan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan pemberdayaan ini dilaksanakan oleh Dra. Atik Septi Winarsih, M.Si., Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si., dan Drs Asnawi, M.Sil, khususnya dilakukan pada UMKM Batik dengan Pewarna alami di Kabupaten Sleman. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan melalui skema multi tahun Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) yang berlangsung selama 3 (tiga) tahun sejak tahun 2016 hingga sekarang.

Beberapa kegiatan telah dilakukan antara lain: pelatihan manajemen kewirausahaan, pengurusan aspek legalitas, pendampingan tata kelola, dan introduksi peralatan. Dari beberapa kegiatan tersebut dapat dihasilkan berupa peningkatan pemahaman dan semangat untuk berwirausaha bagi pelaku UMKM, dapat diwujudkannya dokumen legalitas usaha, tersusunnya business plan dan diterimanya berbagai peralatan untuk menunjang proses produksi batik pewarna alami. Program pengabdian masyarakat ini mampu untuk meningkatkan semangat kewirausahaan baik bagi kedua mitra tersebut maupun beberapa pengrajin batik pewarna alami lainnya. Setelah dilakukan program pendampingan ini beberapa mitra UMKM mengalami perubahan dan kemajuan dalam usaha, baik dari segi produksi maupun omset penjualan.

Dari berbagai program yang telah dilaksanakan, beberapa mitra memperoleh manfaat berupa pengenalan produk hingga kanca mancanegara. Program ini didesain agar mitra mampu untuk menjual produknya ke mancanegara maupun di kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Dengan melalui pendampingan yang intensif melalui berbagai kegiatan promosi, beberapa mitra dapat berkembangan dan mampu melakukan ekspansi pasar ke berbagai negara di kawasan Eropa dan Amerika.