Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Adakan Ujian Skripsi

Desember 14, 2018 oleh : superadmin-ip

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan ujian skripsi pada tanggal 10-11 Desember 2018. Ujian Skripsi kali ini diikuti sebanyak 44 Mahasiswa tingkat akhir.

Ujian Skripsi merupakan bentuk pertanggungjawaban atas tugas akhir yang dibuat oleh Mahasiswa kepada Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) dan Dosen Penguji Skripsi. Ujian skripsi juga sebagai salah satu syarat kelulusan bagi Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY.

Sebelum mengikuti Ujian Skripsi, Mahasiswa terlebih dahulu mengikuti Ujian Proposal Skripsi dan proses bimbingan yang dilakukan oleh DPS serta penelitian untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

Wawan Eka Putra menjelaskan bahwa sebelum melaksanakan Ujian Skripsi haruslah dipersiapkan secara matang. “Sebelum mengikuti Ujian Skripsi perlu persiapan yang matang baik mental maupun kualitas Skripsi kita. Sebaiknya manfaatkan bimbingan yang diperoleh dari DPS dan ikuti proses revisinya dengan baik, agar pada saat Ujian Skripsi semuanya dapat berjalan dengan lancar,” ujar salah satu Mahasiswa yang mengikuti Ujian Skripsi.

“Ujian Skripsi memang berat, tapi saya mencoba untuk meyakinkan diri sendiri dan ternyata setelah selesai mengikuti Ujian Skripsi kesan yang didapatkan adalah tidak seperti apa yang dibayangkan sebelumnya. Ujian Skripsi itu cerminan diri kita. Jika kita menikmati dan mengikuti setiap prosesnya dengan baik, maka Ujian Skripsi akan terasa lebih enjoy,” ungkap Ratu Khoirunnisa Marjuki.

Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP selaku Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan UMY menyampaikan bahwa harapan dari dilaksanakannya Ujian Skripsi ini yaitu Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY mampu menerapkan hasil dari Skripsinya untuk diimplementasikan atau digagas setelah lulus. “Ujian Skripsi ini menjadi bentuk proses yang dilakukan untuk diterapkan nantinya baik di dunia akademisi, politisi, konsultan, hingga wiraswasta. Kemudian harapan dari diadakannya Ujian Skripsi ini mampu memberikan hikmah dari proses yang dialami mulai dari kuliah sampai dengan menyelesaikan Skripsi, dengan pertimbangan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Faisal*)