Pimpinan Prodi

Pimpinan Prodi

Nama :  Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si.
Jabatan Akademik :  Lektor
NIP/NIK :  19660828199403 163 025
NIDN :  0528086601
Surel :  e-zaenuri@yahoo.co.id

 

KONSENTRASI
1 Governance
2 Administrasi Publik
3 Manajemen Sumber Daya Manusia

 

RIWAYAT PENDIDIKAN
NO Nama Perguruan Tinggi Program Pendidikan Bidang Ilmu Tahun Masuk/Lulus Judul Skripsi/Thesis/Disertasi
1 Universitas Gadjah Mada Sarjana Ilmu Pemerintahan 1985-1991 Pengaruh Sistem Nilai Kejawen Terhadap Sikap Politik Masyarakat Jawa
2 Universitas Gadjah Mada Magister Administrasi Publik 1998-2003 Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Transportasi Umum Perkotaan
3 Universitas Brawijaya Doktor Administrasi Publik 2012-2017 Tata Kelola Pariwisata-Bencana Dalam Perspektif Collaborative Governance

 

Riwayat Jabatan
No Posisi Tahun Unit Kerja
1 Kepala Divisi Organisasi dan Pengembangan Mutu 2004-2008 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
2 Ketua Tim Penataan Kelembagaan UMY 2005 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
3 Task Force Penyusunan Proposal Hibah Kompetisi A3 Jurusan Ilmu Pemerintahan 2005-2006 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
4 Task Force Penyusunan Proposal Hibah TPSDP ISS QAU 2005-2006
5 PIC Implementasi Hibah TPSDP ISS QAU 2005-2006
6 Ketua Task Force Eksplorasi dan Sosialisasi Nilai-nilai Organisasi 2006-2007
7 Anggota Task Force Penyusunan Rencana Strategis UMY 2006-2010 2006-2007 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
8 Anggota Tim Evaluasi Penggajian UMY 2006 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
9 Anggota Senat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2006-2008 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
10 Anggota Tim Penyusunan Statuta UMY 2007 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
11 Anggota Sekretariat Tim Pemantau Independen UNAS Kabupaten Bantul 2007 UNAS Kabupaten Bantul
12 Asesor BAN-PT 2007-Sekarang BAN-PT
13 Asesor Mutu Akademik Internal UMY 2007-Sekarang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
14 Sekretaris Pemantau Independen UNAS Kabupaten Bantul 2008 UNAS Kabupaten Bantul
15 PIC A-1 Pengembangan Budaya Organisasi Program Hibah Kompetisi Institusi (PHK-I) 2008
16 Kepala Biro Sumberdaya Manusia UMY 2008-2010 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
17 Ketua Task Force Penataan Prasarana Dan Sarana Pembelajaran UMY 2011 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
18 Reviewer Akademi Komunitas, Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2012-Sekarang Dikti
19 Tim Penyusun Renstra BPM UMY 2014 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
20 Tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) UMY 2015 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Lingkup Kerja
Bertanggungjawab untuk merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan bidang akademik di tingkat program studi.
Wewenang
a. Menentukan priotritas pekerjaan
b. Memberi nilai kinerja bawahan
c. Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
d. Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan
Tanggungjawab
a. Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja.
b. Kebenaran dan kelengkapan materi tentang akademik dan layanan mahasiswa.
c. Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor
d. Kelancaran, kebenaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
e. Kebenaran dan ketepatan laporan
f. Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan
Uraian Jabatan
a. Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan jurusan yang meliputi, pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
b. Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran kegiatan jurusan yang meliputi, pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
c. Merencanakan kegiatan dalam pelaksanaan kerjasama/MOU/perjanjian kerjasama antara jurusan dengan perguruan tinggi lain, instansi-instansi pemerintah, maupun swasta dalam rangka pengembangan bidang akademik yang meliputi pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
d. Merencanakan kompetensi dan karir dosen jurusan yang meliputi pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat
e. Membina kegiatan ekstra kurikuler, pengabdian, organisasi mahasiswa, dan pengembangan diri mahasiwa ditingkat jurusan.
f. tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders
g. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan jurusan.
h. Mengimplementasikan sistem informasi manajemen bidang akademik.
i. Memantau dan melakukan evaluasi kegiatan jurusan di bidang akademik meliputi pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat, layanan kemahasiswaan dan promosi.
j. Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan/atau soft copy.
k. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan.
l. Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya kepala jurusan Program Studi yang baru
Nama :  Awang Darumurti, S.IP., M.Si.
Jabatan Akademik :  Asisten Ahli
NIP/NIK :  19811019200810 163 084
NIDN :  0519108101
Surel :  awang.darumurti@yahoo.com

 

KONSENTRASI
1  Manajemen Sumber Daya Manusia
2  Manajemen Publik
3

 

RIWAYAT PENDIDIKAN
NO Nama Perguruan Tinggi Program Pendidikan Bidang Ilmu Tahun Masuk/Lulus Judul Skripsi/Thesis/Disertasi
1 Universitas Gadjah Mada Sarjana Ilmu Pemerintahan 2000-2005
2 Universitas Gadjah Mada Magister Ilmu Politik 2005-2007

 

RIWAYAT JABATAN
NO Posisi Tahun Unit Kerja
1 Koordinator Kelas Internasional Prodi Ilmu Pemerintahan FISIPOL UMY 2011 - 2012 Prodi Ilmu Pemerintahan UMY
2 Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan FISIPOL UMY 2012 Prodi Ilmu Pemerintahan UMY
3 Koordinator Divisi Public Policy Jusuf Kalla School of Government ( JKSG ) 2011 - Sekarang JKSG UMY
4 Sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan UMY 2013 - Sekarang Prodi Ilmu Pemerintahan UMY
5 Pengurus Muhammadiyah Tobacco Control Centre UMY 2013 - Sekarang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
6 Pengurus Sekolah Desa Berkemajuan IP UMY 2016 - Sekarang Prodi Ilmu Pemerintahan UMY

 

Lingkup Kerja
Bertanggungjawab untuk pengembangan sumberdaya  ditingkat Program Studi   Ilmu Pemerintahan
Wewenang
a. Menentukan priotritas pekerjaan
b. Memberi nilai kinerja bawahan
c. Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
d. Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan
Tanggungjawab
a. Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja.
b. Kebenaran dan kelengkapan materi tentang akademik dan layanan mahasiswa.
c. Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor
d. Kelancaran, kebenaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
e. Kebenaran dan ketepatan laporan
f. Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan
Uraian Jabatan
a. Menyusun kegiatan dan rencana anggaran kegiatan Program Studi   Ilmu Pemerintahan yang meliputi, pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi
b. Merencanakan kompetensi staf non akademik ditingkat Program Studi.
c. Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders
d. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan Prodi   Ilmu Pemerintahan
e. Memantau dan mengevaluasi bidang sumberdaya yang meliputi sarana prasarana, keuangan, tatakelola, dan sumberdaya tenaga pendukung di tingkat Program Studi   Ilmu Pemerintahan
f. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus staff Program Studi   Ilmu Pemerintahan dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia.
g. Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan/atau softcopy.
h. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan.
i. Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya sekretaris Program Studi yang baru.
Nama :  Sakir, S.IP., M.IP
Jabatan Akademik :
NIP/NIK :  19891106201604 163 156
NIDN :  0506118902
Surel :  mas.sakir@gmail.com

 

KONSENTRASI
1 Politik Anggaran
2 Kebijakan Publik
3 Pelayanan Publik

 

RIWAYAT PENDIDIKAN
NO Nama Perguruan Tinggi Program Pendidikan Bidang Ilmu Tahun Masuk/Lulus Judul Skripsi/Thesis/Disertasi
1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Sarjana Ilmu Pemerintahan 2009-2013 Akselerasi Reformasi Birokrasi Kualitas Pelayanan Publik
2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Magister Ilmu Pemerintahan 2013-2015 Analisis Kebijakan Anggaran  Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014

 

Riwayat Jabatan
No Posisi Tahun Unit Kerja
1 Ketua Keluarga Alumni MIP UMY 2016-2021 MIP UMY
2 Ketua II Keluarga Alumni Pascasarjana UMY 2017-2021 Pascasarjana UMY
3 Kepala Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY 2017-2021 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Lingkup Kerja
Bertanggungjawab untuk pengembangan soft skill dan hard skill di tingkat Program Studi   Ilmu Pemerintahan
Wewenang
a. Menentukan priotritas pekerjaan
b. Menyiapkan surat dan dokumen sesuai ketentuan.
Tanggungjawab
a. Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja.
b. Kebenaran dan kelengkapan materi untuk laboratorium mahasiswa
c. Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor
d. Kelancaran, kebenaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
e. Kebenaran dan ketepatan laporan
f. Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan
Uraian Jabatan
a. Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders
b. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan pengelolaan dan pengembangan yang mendukung kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi.
c. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus staff laboratorium secara periodik
d. Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan/atau softcopy.
e. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan.