(29/08/18) Setelah sebelumnya menjadi pembicara dalam kegiatan Masa Ta’aruf 2018 Mahasiswa Baru Ilmu Pemerintahan UMY, Drs. H. Bambang M. Yasin (Bupati Kabupaten Dompu) dan beberapa jajaran Pemda Kabupaten Dompu dijamu makan malam oleh Dr. Ir. Sukamta, M.T., IPM (Wakil Rektor UMY Bidang Akademik) dan pengelola Prodi Ilmu Pemerintahan UMY, antara lain Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si (Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY), Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP (Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY), Sakir, S.IP., M.IP (Koordinator Laboratorium Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY), Staff, dan Perwakilan Mahasiswa.

Pertemuan ini membahas rencana penjajakan kerjasama, berupaya memperkuat kerjasama lebih serius antara Prodi IP UMY dan Pemerintah Kabupaten Dompu, khususnya pertukaran informasi, teknologi dan sumberdaya manusia. Disela-sela menikmati hidangan makan malam khas Yogyakarta, Drs. H. Bambang M. Yasin menjelaskan permasalahan yang dihadapi Kab. Dompu terutama mengenai limbah jagung yang belum dapat diolah secara maksimal.

“Kabupaten Dompu merupakan lumbungnya jagung di Indonesia, namun masih ada permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana caranya agar tanaman jagung dari akar hingga daunnya bisa bernilai jual di pasaran”, ujar Bupati. Selanjutnya Drs. H. Bambang M. Yasin mengungkapkan, “Permasalahan tersebut memang benar adanya, karena selama ini tanaman jagung yang bernilai ekonomi adalah biji jagungnya saja, sedangkan bagian dari tanaman jagung lainnya hanya dibiarkan membusuk ketika panen usai dilaksanakan”.

Setelah mendengarkan pemaparan terkait dengan permasalahan yang dihadapi saat ini, Dr. Ir. Sukamta, M.T., IPM menawarkan sebuah inovasi berupa pengelolaan tanaman jagung sehingga seluruh bagian dari tanaman jagung dapat bernilai jual. Inovasi itupun disambut baik oleh orang nomor satu di Kabupaten Dompu ini. Hasil dari pertemuan kali ini, pihak UMY dengan Pemerintah Kabupaten Dompu akan bertemu kembali dan akan melakukan survey untuk mengetahui seberapa besar potensi peningkatan hasil panen jagung ini.

Berita & Foto: Muhammad Dwi Nurfaisal