Yogyakarta, Dalam rangka memeriahkan rangkaian acara Gebyar Government 2017 yang bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) UMY menggelar Government Futsal Cup yang diadakan di Gedung Olahraga Tridadi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Turnamen ini yang dimulai sejak tanggal 27 Oktober memperebutkan piala piala gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, piala bupati Bantul dan piala rektor UMY.

Ketua Government Futsal Cup Reza Muhammad Nashir, mengungkapkan tujuan ingin dicapai dari Government Futsal Cup adalah ingin mempersatukan mahasiswa Perguruan Tinggi se-DIY. “Harapan jangka pendek acara ini bertepatan dengan momentum sumpah pemuda jadi kita dapat mempersatukan mahasiswa dan terus meningkatkan budaya sportifitas dalam olahraga. Untuk jangka lebih panjang agar mahasiswa ilmu pemerintahan melalui KOMAP dapat memiliki relasi yang cukup kuat dengan mahasiswa Perguruan Tinggi se-DIY”.

Adapun peserta dalam kompetisi ini fokus pada mahasiswa Perguruan Tinggi  se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Minggu, 29 Oktober 2017 merupakan pertandingan puncak antara tim futsal putra dan tim futsal putri yang berhasil masuk pada tahap semi final. Pertandingan semi final pertama mempertemukan tim No Name FC berhadapan MJI FC. Dalam pertandingan tersebut, tim MJI FC berhasil memetik kemenangan dengan skor 3-1 atas No Name FC untuk berhak masuk pada tahap final. Pertandingan kedua semi final tim futsal putra Universitas Respati Yogyakarta berhadapan dengan tim futsal Abakuya Yogyakarta. Pertandingan berjalan dengan sangat ketat terlihat kedua tim memperlihatkan kemampuan terbaiknya namun tim futsal Abakuya Yogyakarta berhasil mempertahankan skor 3-1 hingga pertandingan berakhir.

Pada pertandingan semi final tim futsal putri mempertemukan tim Futsal Putri UMY 1 melawan tim Futsal Putri UMY 2. Terlihat keseruan pertandingan, kedua tim berusaha membangun ritme permainan dan kedua tim melancarkan serangan. Pertadingan ini dimenangkan oleh tim Futsal Putri UMY 1 dengan skor 6-0 kemangan ini cukup untuk mengunci tiket tahap final. Pertandingan semi final kedua menampilkan tim Futsal Putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta berhadapan tim Futsal Putri Universitas Ahmad Dahlan. tim Futsal Putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta berhasil memenangkan pertandingan dan berhak masuk pada tahap final.

Menurut Alrdi Samsa selaku ketua Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY menjelaskan bahwa Government Futsal Cup merupakan acara fusal se-DIY yang telah digelar untuk kedua kalinya yang termasuk dalam rangkaian acara Gebyar Government. Dengan menyelaraskan tema romansa budaya negeri acara futsal ini bisa memberikan pesan sportif, imparsial dan persaudaraan yang menjadi ciri khas budaya indonesia. Selain itu dengan adanya acara futsal cup ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa dan universitas se-Yogyakarta.

Pertandingan final Government Futsal Cup dilaksanakan pada pukul 13:00 mempertemukan tim futsal putra MJI FC melawan Abakuya FC dan Tim Futsal Putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta berhadapan Futsal Putri UMY 1. Hasil akhir pertandingan final futsal putri dimenangkan oleh tim putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta dengan skor 4-0. Sedangkan partai final futsal putra Government Futsal Cup dimenangkan oleh MJI FC dengan score 4-0 atas Abakuya FC. Dengan berakhirnya pertandingan final tersebut menandakan usainya acara Government Futsal Cup 2017. Nantinya penyerahan trophy dan uang pembinaan akan dilakukan pada acara clossing ceremony Gebyar Government 2017 bertepatan pada tanggal 24 November 2017 di Sportorium UMY.(FR)