Kuningan Jakarta selatan  –  Jalinan kerjasama anatara Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) semakin  erat, pada hari Rabu (03/10/18) pembahasan kerjasama tersebut  kembali  dilakukan. Pada kesempatan tersebut Ketua Prodi IP UMY Dr. Muchammad Zaenuri, M. Si didampingi oleh Sekretaris Prodi IP UMY Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP, Koordinator Laboratorium Prodi IP UMY Sakir, S.IP., M.IP dan Dr. Suswanta M.Si selaku perwakilan Dosen Prodi IP UMY  membawa agenda penting yaitu tentang  pembahasan Silabus Mata kuliah Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJ) yang sudah menjadi salah satu mata kuliah di Prodi IP UMY. Pembahasan silabus tersebut bertujuan untuk menyelarasakan antara materi dan tujuan akhir pembelajaran yang akan dilakukan selama satu semester.

Menurut Umi Nuraeni  (Kepala Sub bidang Pendidikan dan Pelatihan Kmpetensi)  Keselarasan antara materi pembelajaran dan hasil akhir sangat penting, karena akan berkaitan dengan kemampuan karir mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah. Silabus yang ada harus dibentuk agar mahasiswa layak dinyatakan memiliki kemampuan tingkat dasar dalam Ilmu Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, ungkapnya.

Selain pembahasaan terkait  Silabus pembelajaran, Dr Muchammad Zaenuri  M.Si juga menginisiasi program magang yang diharapkan dapat dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Pemrintahan di LKPP-RI, Menurut Wisnu Setyo Wijoyo S.T., M.M (Kepala sub bidang Program Pelatihan) hal tersebut sangat mungkin dilakukan, mereka tidak hanya bisa magang di kantor pusat LKPP melainkan juga di berbagai kantor pelayanan pengadaan barang dan jasa yang ada.

Masih banyak program kerjasama yang akan dilakukan antara kedua belah pihak dalam waktu dekat, salah satunya dalah kuliah umum yang akan diagendakan pada desember mendatang. Diharapkan akan lebih banyak lagi bentuk kerjasama yang positif yang dilakukan oleh LKPP-RI dan Prodi IP UMY.

Berita dan Foto: Akhmad Habibullah, S.IP.