Untuk meningkatkan literasi informasi dan kemampuan kepenuliasan karya ilmiah guna mendukung suasana akademik yang memumpuni program studi Ilmu Pemerintahan menggelar Pelatihan Akses Jurnal dan Penulisan Karya Ilmiah pada Rabu, 04 April 2018. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Laboratorium Ilmu Pemerintah dengan perpustakaan pusat UMY dalam upaya meningkatkan kualitas publikasi, minat membaca dan tugas karya ilmiah mahasiwa Ilmu Pemerintahan UMY.

Pelatihan yang bertempat di Twin Tower gedung E6 Lantai 05 kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dihadiri oleh Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si, Sekretaris Prodi Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP dan Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan Sakir S.IP., M.IP. Selain itu, turut hadir kepala perpustakaan pusat UMY ditemani para pembicara antara lain David Effendi, MA selaku dosen IP dan Novy Diana Fauzie, MA pustakawan UMY.

Mengawali pelatihan secara khusus kepala perpustakaan pusat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Lasah, S.H mengapresiasi adanya pelatihan ini, agenda ini telah mengampanyaken berbagai ejournal untuk meningkatkan kualitas literasi informasi. “Kita sudah melanggan beberapa journal, misalnya saja JSTOR sudah berjalan 4 tahun ini. Kami mengharapkan mahasiswa Ilmu Pemerintahan juga mengoptimalkan ejournal dan ebook perpustakaan nasional. Kaita sudah lama berlanggan JSTOR dan perpustakaan nasional namun capaian memakaian baru 4 persen.

Dalam sambutn yang disaksikan oleh 188 mahasiswa peserta pelatihan Ilmu Pemerintahan angakatan 2017, Zaenuri menghimbau bagi seluruh mahasiswa untuk mengkaji beberapa referensi terdahulu sebelum menyusun karya tulis, untuk sampai ke tahap itu maka mahasiswa harus memiliki pengetahuan dalam mengakses jurnal. “Kemampuan seperti itulah yang mampu meningkatkan keilmuan dan kapasitas program studi kita. Kita sudah muda mendunia seharusnya selaraas dengan hasil karya tulsinya yang mendunia juga”, pesan Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si sekaligus membuka acara pelatihan.

Agenda pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama fokus pada pelatihan mengakses jurnal. Secara keselurahan, Novy Diana menjabarkan secara rinci cara mengakses jurnal dari berbagai platform berkredibilitas dan sudah menjadi langganan UMY seperti google scholar, neliti repositori ilmiah nasional, EBSCO, JSTOR Indonesia One Search, moraref dan perpustakaan nasional. Selain itu, Novy Diana mengingatkan tentang literasi informasi, seperti mencari sumber tulisan yang akurat. “Kaji ulang dan saring informasi jurnal yang cocok. Kamarin kita hanya tahu informasi tulisan lewat mesin pencari google, namun hari ini kita bisa memilih mana yang baik untuk referensi tulisan kita. Hingga saat ini masih banyak mahasiswa hanya menyelesaikan tugas dengan mengutip tulisan yang kurang akurat bahkan sumber yang secara jelas dilarang oleh perguruan tinggi”, jalas Novi.

Pada sesi selanjutnya David Efendi, MA menerangkan posisi penting literature review sebagai bagian dari metodelogi penelitian. Mencari topik penelitian yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang, sehingga temuan itu akan berkontribusi serta memproduksi pengetahuan pada keilmuan politik dan Pemerintahan. “Pada bagian literature review, kita dapat meyakinkan pembaca bahwa penelitian kita memiliki akar, dan pantas untuk diteliti, kita menghubungkan asal-usul dan genre penelitian mana yang akan kita jalankan. Karena kita bukan orang pertama yang meneliti itu”, ungkap David Efendi. Melaui literatur review dapat membantu peneliti memetakan jalan penelitian, melejitimasi penelitian dan mampu menjadi pembeda fokus penelitian.