Yogyakarta – Sebagian mahasiswa tingkat akhir beranggapan bahwa skripsi merupakan sebuah momok yang menakutkan bagi mereka. Dalam menepis pemikiran negatif tentang skripsi tersebut, Laboratorium Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan Klinik Skripsi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 6 Oktober 2018 bertempat di Gedung K.H. Ibrahim E.6 Lantai 5 Kampus Terpadu UMY ini dihadiri oleh Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si (Ketua Prodi IP UMY), Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP (Sekretaris Prodi IP UMY), Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, MA (Sekretaris Kelas Internasional/IGOV), Sakir, S.IP., M.IP (Koordinator Laboratorium Prodi IP UMY), Novi Diana Fauzie, SS., M.A (Pustakawan UMY), Dr Suswanta, M.Si dan David Efendi, MA selaku dosen Prodi IP UMY serta 134 Mahasiswa Prodi IP UMY semester 7.

Mengawali kegiatan Klinik Skripsi, Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP dalam sambutannya mengajak kepada seluruh mahasiswa tingkat akhir untuk segera menyelesaikan skripsi yang merupakan salah satu syarat utama yang harus ditempuh untuk lulus dari Prodi IP UMY dan mendapatkan gelar S.IP.

Dyah Melly Anawati mengatakan bahwa “Kegiatan Klinik Skripsi yang diadakan sejak tahun 2015 ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi kami khususnya membantu dalam menyelesaikan skripsi. Awalnya saya pribadi tidak terlalu paham bagaimana teknik menulis skripsi dan mencari referensi yang benar, setelah mengikuti Klinik Skripsi ini saya menjadi bisa dan paham untuk menulis skripsi yang benar” ujar salah satu peserta Klinik Skripsi itu.

Harapan dari diadakannya Klinik Skripsi ini selain mahasiswa dapat mengerti dan memahami akan bagaimana menulis skripsi yang benar, kegiatan ini agar selalu diadakan setiap tahunnya agar semakin menegaskan bahwa Prodi IP UMY sangat serius untuk mencetak lulusan yang berkualitas. “Acara Klinik Skripsi ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi kami yang memang ingin lulus tepat waktu dengan kualitas skripsi yang baik. Harapannya agar acara Klinik Skripsi ini terus diadakan rutin setiap tahunnya, agar adik-adik tingkat kami juga mendapatkan kesempatan yang sama seperti kami ini” ungkap Ulinnuha Adha. (Faisal/Andrean).