Yogyakarta – (25/10) Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP Fisipol UMY) memberikan metode pembelajaran praktikum penghitungan alokasi kursi partai politik dalam pelaksanaan Pemilu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Prodi Ilmu Pemerintahan UMY diikuti oleh Mahasiswa Prodi IP UMY Semester 3 yang mengampu Mata Kuliah Tata Kelola Pemilu.

Bambang Eka Cahya Widodo selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Kelola Pemilu mengatakan, selain menguasai materi secara tekstual, Mahasiswa Prodi IP UMY juga harus mampu menguasai materi secara faktual.

“Hal penting dalam diadakannya praktikum kali ini adalah Mahasiswa Prodi IP UMY dilatih untuk mengerti dan paham bagaimana cara menghitung alokasi kursi partai politik dalam pemilu” ungkap Bambang.

Bambang Eka menjelaskan bahwa metode penghitungan suara merupakan variabel utama dari sistem pemilu yang memiliki fungsi sebagai pengkonversi suara perolehan partai dalam Pemilu menjadi kursi di parlemen.

“Setelah mendapatkan materi praktikum ini harapannya Mahasiswa tidak hanya mengharapkan nilai akhir, tetapi hal yang paling penting setelah dilaksanakanya praktikum kali ini adalah Mahasiswa terampil dan terlatih dalam menghitung alokasi kursi partai politik yang suatu saat nanti dapat dipraktikkan di lapangan” imbuh Bambang. (Faisal/Erzha).