Yogyakarta- Mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menorehkan prestasinya sebagai Juara 1 Lomba Festival Ilmiah 2017 (Falah 2017) yang diselenggarakan oleh Association of Sharia Economics Studies (ACSES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Mahasiswa tersebut adalah Rido Argo Mukti (Mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2014), bersama rekannya lintas jurusan yaitu Chandra Kusuma Wardana (Manajemen 2015) dan Meisya Rani (Ilmu Ekonomi 2016).

Kegiatan Festival Ilmiah 2017 (Falah 2017) merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh ACSES FEB UNAIR setiap tahunnya. Acara ini menjadi wadah bagi para akademisi muda khususnya mahasiswa lintas perguruan tinggi dalam menjalin silaturahmi, diskusi tentang kajian ekonomi fokus pada filantropi islam, dan sekaligus nilai kompetisis untuk berlomba menjadi yang terbaik dalam lingkup mahasiswa di tingkat nasional. Pada tahun ini Falah 2017 mengusung tema “Utilisasi Instrumen Filantropi Islam dalam Mewujudkan SDGS di Indonesia”. Denagn maksud, menguji dan meningkatkan kemampuan mahasiwa dalam menyusun suatu strategi untuk menerapkan Ekonomi Islam dalam proses pembangunan negara.

Kompetisi ini diawali dengan perlombaan Call for Essay tingkat Nasional setap mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi diperkenankan mengirimkan karya esai terbaiknya, setelah melewati penilaian ketat, maka diputuskan 10 finalis Esai terbaik yang berhak melangkah ketahap final dan mengikuti serangkaian acara Falah 2017 di Universitas Airlangga, Surabaya. Falah 2017 berlangsung selama 3 (tiga) hari, dimulai pada tanggal 20 hingga 23 September 2017. Rangkaian acara Final diawali dengan presentasi 10 Finalis Esai yang berasal dari 7 Perguruan Tinggi antara lain UMY, IPB, UNAIR, UNDIP, Univ. Trunjoyo Madura, UI, UNHAS.

Final presentasi tersebut dilaksankan pada hari ketiga (22/09) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair. Setelah babak presentasi peserta finalis dihadapkan dengan perlombaan studi case pada tahap ini para finalis setiap perguruan tinggi berdiskusi dan memaparkan analisi dan solusi guna memecahkan permasalahan yang diajukan panitia berkaitan dengan filantropi Islam. Sehingga instrument penilaian berdasarkan akumulasi Call for Essay, Presentasi dan Studi Case. Setelah dilakukan penilaian tahap final maka ditetapkan juara. Pengumuman Juara tersebut dilakukan pada acara puncak Falah 2017 Awarding Night. Juara pertama diraih oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Juara kedua Universitas Indonesia dan Juara ketiga diraih oleh Universitas Indonesia.

Juara hanyalah bonus dari kerja keras dan usaha. Namun, yang lebih berharga adalah kerja tim dan semangat untuk pantang menyerah. Kita tahu ini tidak mudah tim UMY harus bersaing dengan Universitas lainnya. Disitu kerja sama tim diperlukan, tutur ridho. Ridho menambahkan, keikutsertaan mahasiswaa jurusan Ilmu Pemerintahan dalam ajang ini merupakam bentuk bukti konkrit jurusan Ilmu Pemerintahan dalam pendayagunakan pengetahuan, kompetensi dan pengalaman dalam rangka meningkatkan daya saing mahasiswa untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan khususnya di Indonesia. Dengan prestasi ini, diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi keilmuan dan kompetensi bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.