Motto yang terkenal dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu ‘Muda Mendunia’, yang kemudian diintepretasikan sebagai upaya internasionalisasi kampus, menuntut setiap jurusan, fakultas, dan segenap civitas akademika UMY untuk mampu bersaing di dunia internasional. Salah satu wujud konsistensi jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) UMY dalam kegiatan akademik lingkup internasional, adalah dengan turut berkolaborasi dengan Jusuf Kalla School of Government (JKSG), MIP UMY, dan IGOV UMY untuk menyelenggarakan acara bertajuk 2nd JGP-IC.

2nd JGP-IC dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2017 dengan melibatkan berbagai pihak seperti para dosen, peneliti, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai macam negara dan universitas di dunia. 2nd JGP-IC didahului dengan Call for Paper yang bertujuan mengundang para akademisi, praktisi, dan kalangan profesional untuk mengirimkan paper yang berkaitan dengan tema dan subtema yang telah ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara. Tema dan subtema tersebut antara lain:

  1. Democratic Instituions and Procedures
  2. Issues in Contemporary Theory
  3. Public Administration and Policy
  4. Reforming and Consolidating Institusions
  5. Social Policy and Social Legislation
  6. Regional Studies
  7. Religions and Activism
  8. Governmental System and Practices
  9. Sustainable Development Goals
  10. Gender and Leadership
  11. Transboundary Migration

Keseluruhan paper yang lolos seleksi akan dipublikasikan dalam proceeding dan buku ISBN. Sedangkan paper-paper terpilih akan dipublikasikan di dalam Journal of Government and Politics (JGP). JGP adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Asia Pasific Society for Public Affairs (APSPA) yang terbit setiap empat bulan sekali dalam satu tahun. JGP mencakup berbagai bidang keilmuan (multidisipliner) yang bertujuan untuk menyediakan ilmu-ilmu konseptual terbaik dan teori berbasis penelitian dalam bidang ilmu politik, organisasi, administratif, dan ilmu kebijakan.

Seleksi paper dalam 2nd JGP-IC dilakukan oleh tim reviewer yang merupakan para expert dalam bidang ilmu politik, administratif, dan kebijakan. Tim reviewer dalam 2nd JGP-IC berasal dari National University of Singapore, University of Bradford, Khon Kaen University, University of Utara Malaysia, Thammaasat University, MSU IIT Philippines, Korea University, University of Maryland, Maejo University, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.