Yogyakarta – (02/11) Sebagai langkah meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa, Laboratorium Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mengadakan Klinik Skripsi.

Dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer Ilmu Pemerintahan UMY, kegiatan Klinik Skripsi ini diikuti oleh 39 mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani skripsi. Pada kesempatan Klinik Skripsi kali ini terasa sangat istimewa karena langsung mendatangkan pembicara dari Universiti Utara Malaysia (UUM) Assoc. Prof. Halimah Abdul Manaf, Ph.D.

Mengawali Klinik Skripsi ini, Prof. Halimah menyampaikan langkah awal yang terpenting dalam menulis skripsi adalah dengan mencari sebuah hal yang menarik untuk dijadikan bahan kajian. “Dalam menulis skripsi yang baik, penulis harus memiliki sebuah alasan yang kuat agar pembahasan menjadi menarik”, tutur Dosen UUM tersebut.

Sementara itu Prodi Ilmu Pemerintahan UMY memiliki standar penulisan skripsi yang tinggi, hal tersebut bertujuan untuk memberikan semangat kepada mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan skripsi. “Skripsi memang tidak mudah untuk dikerjakan, namun bukan menjadi alasan untuk menyerah. Dengan adanya Klinik Skripsi ini, dapat membantu saya terutama untuk membuat skripsi yang berkualitas dan tidak asal-asalan dalam menyelesaikan skripsi”, ujar Anugrah Esa Oktoricho Al-Amin salah satu peserta Klinik Skripsi.

Kemudian Dwi Husna merasa sangat terbantu dengan diadakannya Klinik Skripsi ini. ”Selain bermanfaat dalam memberikan teknik-teknik penulisan skripsi yang benar, kegiatan Klinik Skripsi ini dirasa sangat memperhatikan mahasiswa yang sedang menjalani skripsi dibuktikan dengan langsung mendatangkan pembicara dari mancanegara dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam hal teknik penulisan skripsi”, ungkap salah satu peserta Klinik Skripsi itu.

Prof. Halimah mengungkapkan rasa senang dan mengapresiasi Kegiatan Klinik Skripsi ini, karena diberikan kesempatan langsung untuk berbagi ilmu dengan Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY. “Saya merasa senang dapat sharing ilmu dengan Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY yang memiliki semangat tinggi untuk belajar, dan Kegiatan Klinik Skripsi yang diadakan sangatlah positif. Semoga setelah mengikuti Klinik Skripsi ini, mahasiswa dapat langsung termotivasi untuk membuat skripsi yang baik dan benar” imbuhnya. (Faisal).

Link Berita Terkait: https://www.radarjogja.co.id/2018/11/05/galau-belum-lulus-juga-ikut-klinik-skripsi-umy/