Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fisipol, UMY menggelar silaturrahmi dengan orang tua/wali mahasiswa baru angkatan 2018 program studi Imu Pemerintahan, kemarin (25/08/18). Acara ini rutin diadakan oleh Ilmu Pemerintahan setiap awal tahun ajaran semester gasal untuk menjelaskan sistem perkuliahan kepada orang tua/wali mahasiswa serta dalam rangka mempererat silaturahmi antara para orang tua atau wali mahasiswa baru dengan Dosen maupun jajaran pengelola Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Kurang lebih 60 orang tua/wali mahasiswa baru hadir dalam acara ini. Turut hadir pada kegiatan ini pula yaitu Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si (Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan), Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP. (Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan), Dr. phil. Ridho Al-Hamdi (Kelas Internasional atau IGOV), Sakir, S.IP., M.IP (Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan) dan Dosen Ilmu Pemerintahan, UMY.

Diawal sambutannya Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua/wali mahasiswa baru karena telah mempercayakan anaknya untuk menimba ilmu di Prodi Ilmu Pemerintahan, dan mengucapkan selamat karena anaknya telah sah dan lulus menjadi mahasiswa. Mengingat peluang masuk yang tidak mudah dari total pendaftar yang mencapai 30.000 orang dan yang diterima hanya 5.000 mahasiswa menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Selanjutnya Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si menegaskan bahwa UMY menerapkan setralisasi administrasi dan desentralisisasi akademik, artinya bahwa semua sistem administrasi yang akan dijalankan terpusat pada Universitas, sedangkan sistem akademik akan menjadi tanggungjawab program studi masing masing.

“Sehingga perjalanan akademik mahasiswa akan terus menjadi perhatian para Dosen, saat ini seorang Dosen bukan lagi zamannya killer tapi sudah menjadi teman diskusi yang baik. Jumlah dosen sebanyak 29 akan bertanggungjawab dalam peningkatkan kualitas akademik mahasiswa. Sesuai peraturan dikti bahwa beban ajar dosen hanya 1:30 mahasiswa, sehingga akan lebih intensif”, jelas Dr. Muchammad Zaenuri.

Pada kesempatan ini juga Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si, memperkenalkan dosen-dosen Ilmu Pemerintahan sekaligus pengelola Prodi Ilmu Pemerintahan kepada orang tua/wali mahasiswa baru. Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP. yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Prodi menjelaskan proses perkuliahan di Ilmu Pemerintahan, selain menjabarkan ketentuan dan peraturan kepada wali juga menerangkan sistem perkuliahan, mata perkuliahan dan profil dosen. Sakir, S.IP., M.IP menyampaikan keberadaan Laboratorium Ilmu Pemerintahan sebagai penopang proses belajar mengajar di lingkungan Prodi Ilmu Pemerintahan dengan memberikan praktek komputer, praktik lapang dan menyelenggarakan kegiatan akademik di bidang praktis sebagai tambahan teori yang telah diperoleh mahasiswa di kelas. (RF)