IP UMY Adakan Ujian Proposal Skripsi Serentak

Oktober 29, 2018 oleh : superadmin-ip

Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas proposal skripsi Mahasiswa tingkat akhir sebelum melakukan penelitian di lapangan, Prodi IP UMY mengadakan ujian proposal skripsi gelombang pertama secara serentak  bagi Mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dalam ujian proposal sebelumnya.

Ujian proposal skripsi yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 yang lalu ini diikuti oleh sebanyak 50 Mahasiswa Prodi IP UMY tingkat akhir atau Mahasiswa semester 7. Sebelum diadakannya ujian proposal, Mahasiswa terlebih dahulu melakukan bimbingan dengan Dosen Pembimbing Skripsi untuk merancang dan membuat proposal skripsi. Ujian proposal skripsi yang dilakukan secara serentak ini bertujuan untuk memberikan tingkat efisien dan efektivitas dalam pelaksanaan ujian proposal skripsi.

“Selain itu ujian proposal skripsi merupakan bagian dari proses akademik yang harus dilalui oleh Mahasiswa Prodi IP UMY untuk melanjutkan sebuah penelitian yang disusun dalam tugas akhir atau skripsi” papar Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP selaku Sekprodi IP UMY.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu mahasiswa yang mengikuti ujian proposal skripsi, “Ujian proposal yang dilakukan dengan mekanisme seperti ini dirasa cukup baik dan saya pribadi lebih senang. Karena hal ini bisa menjadikan ajang latihan dalam menghadapi dosen penguji pada saat ujian skripsi atau pendadaran nantinya dan selain itu juga menjadikan persiapan penelitian yang lebih matang lagi” ungkap Addin Khaerunnisa Juswil.

Sebelum mengikuti ujian proposal skripsi, mahasiswa mempersiapkan diri seperti memperdalam proposal yang telah dibuat oleh mahasiswa dan tetap menjaga stamina untuk dapat menghadapi ujian proposal dengan baik.

Addin Khaerunnisa Juswil atau kerap disapa Sasa ini mengungkapkan bahwa “Dalam mempersiapkan ujian ini saya hanya fokus belajar mendalami teori yang saya pakai di penelitian ini, kemudian dalam latar belakang, metodologi penelitian dan lainnya sudah saya persiapkan sejak saya memilih untuk mengambil judul penelitian ini”.

Harapan diadakannya ujian proposal ini selain mahasiswa dapat mengerti dan memahami lebih dalam fokus penelitian yang akan ditelitinya dan siap ketika menghadapi  ujian skripsi nantinya juga diharapkan mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas. “Harapan kami dengan diadakan ujian proposal skripsi ini agar mahasiswa bisa lebih memahami mekanisme penelitian serta mekanisme penulisan yang baik” tambah Sekprodi IP UMY. (Vindhi/Andrean).