Sebagai upaya memantapkan hasil kegiatan dan terselenggaranya tata kelola kinerja yang baik di lingkungan Program Studi Ilmu pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, maka pada Senin, 27 Agustus 2018 diselenggarakan RKT (Rapat Kerja Tahunan).

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Fisipol, Gedung Ki Bagus Hadikusumo, Lantai 1, Kampus Terpadu UMY turut dihadiri oleh Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si (Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan), Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP. (Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan), Dr. phil. Ridho Al-Hamdi (Sekretaris Kelas Internasional atau IGOV), Sakir, S.IP., M.IP (Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan), Erni Zuhriyati, S.S., S.IP., MA (Sekretaris Magister Ilmu Pemerintahan UMY) dan Dosen Ilmu Pemerintahan, UMY.

Membuka acara ini, Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si., menyampaikan rasa terima kasih kepada para Dosen yang telah berpartisipasi dalam penyusunan Indikator Kinerja Strategis (IKS), selanjutnya beliau mengungkapkan tujuan dari rapat ini dalam rangka memajukan Prodi IP, karena dihadapkan pada target capaian kegiatan dan budget yang telah ditentukan oleh universitas.

“Alhamdulillah rencana strategis Prodi Ilmu Pemerintahan yang disusun pada awal tahun sudah ada yang tercapai. Selain adanya laporan juga perencanaan yang matang, untuk tahun anggaran berikutnya. Akan kita rumuskan capaian tahun kedepannya apa. Kita akan menghadapi akreditasi dalam waktu dekat. Secara teknokratik akreditasi sudah berbasis outcome dan impact, sejauh apa kontribusi Prodi dan impact-nya bagi umat. Tidak berkutat pada fasilitas asimetris saja, tantangan kita berbasis umat.”, jelas Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si. sekaligus membuka rapat pagi ini.

Mengawali rapat kerja tahunan dengan laporan pengelola Prodi Ilmu Pemerintahan yang disampaikan oleh Ketua Prodi. Mencakup laporan pelaksanaan kegiatan budgeter dan laporan kegiatan non budgeter. Kegiatan budgeter urusannya (pertanggungjawabannya) dari jurusan yang mana dari segi capaian serapan, sebagian besar sudah terlaksana. Dilanjutkan dengan laporan keuangan dari sekretaris Prodi, Direktur Kelas Internasional, Pengelola Loboratorium Ilmu Pemerintahan dan terakhir dari Sekretaris Magister Ilmu Pemerintahan.

Acara dilanjutkan dengan rapat penyusunan kegiatan penelitian, publikasi artikel Jurnal/Buku, Publikasi dalam Prosiding dan pembagian IKS yang dipandu langsung oleh Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP. Selain itu, Rapat Kerja Tahunan kali ini cukup istimewa karena Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MIP UMY) bisa berpartisipasi dalam satu forum. Harapannya adanya rapat ini meningkatkan kuliatas mutu serta dapat berkomitmen mendorong terimplementasinya peningkatan kualitas pengelolaan program studi dan sebagainya.

Berita: Rido Argo Mukti

Foto: Akhmad Habibullah