Bantul – Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY melepas 95 calon wisudawan/ti yang akan resmi diwisuda pada esok hari Sabtu, 10 Februari 2018. Acara pelepasan ini dikemas melalui malam inaugurasi pada Jum’at (09/02/2018) yang berlangsung meriah bertempat di gedung AR Fachruddin B Lantai 5 Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Terlihat para peserta calon wisudawan/ti bersama orang tua mengikuti rangkaian acara tersebut dengan penuh antusias, selain memberikan kesan mendalam bahwa pada malam ini Program Studi Ilmu Pemerintahan secara resmi mengembalikan anak didiknya kepada orangtua masing-masing setelah cukup menjalani masa pendidikan maka saatnya bagi wisudawan/ti untuk mengabdi kepada masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, juga memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang memiliki presetasi selama menjalani proses akademik perkuliahan di Ilmu Pemerintahan UMY.

Sementara itu, mengiringi kehadiran para tamu undangan dengan penampilan Fajar Akustik dan berbagai pertunjukan lainnya yaitu seni tari Sekar Pudyastuti tarian tradisional berasal dari Yogyakarta dan penampilan hiburan khusus yang dibawakan oleh mahasiswa calon wisudawan. Selain diramaikan dengan penamiplan turut hadir dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si, Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si, dan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan Awang Darumurti, S.IP., M.Si., Dosen Ilmu Pemerintahan, calon wisudawan/ti serta orang tua calon wisudawan/ti.

Inaugurasi dibuka MC pada pukul 19.30 WIB, Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si menyampaikan rasa terimakasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya untuk menimba ilmu di Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY. Dr. Muchammad Zaenuri meyakinkan kepada orang tua bahwa tidak salah jika mendidik anaknya ke Program Studi Ilmu Pemerintahan. Karena Program Studi Ilmu Pemerintahan telah terakreditasi A dan juga telah memiliki jenjang pascasarjana Magister Ilmu Pemerintahan yang juga telah terakreditasi A dalam lingkup nasional maupun Internasional. “Didukung oleh sistem ajar dan tenaga pengajar yang baik agar memiliki pijakan pasti untuk jenjang karir tahap selanjutnya. Mungkin ada yang ingin masuk ke pasar kerja atau melanjutkan studi ke jenjang berikutnya”, ungkap Dr. Muchamad Zaenuri M.Si.

Acara malam inaugurasi dipimpin dan dibuka langsung oleh Dekan FISIPOL, Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si,. Dr. Titin Purwaningsih menyampaikan ucapan selamat bagi calon wisudawan/ti terlebih orang tua yang telah mengantarkan putra-putrinya menjadi sarjana Ilmu Pemerintahan. “Program studi Ilmu Pemerintahan bertekad untuk terus mempertahankan akreditasi A dan menjadi program studi bertaraf Internasional serta mampu bersaing pada level ASEAN dan Internasional. Jangan segan segan untuk memberikan masukan kepada program Ilmu Pemerintahan dan terus menjaga hubungan ini dengan baik antar alumni dan Universitas”, ujar Dr. Titin Purwaningsih mengakhiri sambutannya.

Kata sambutan perwakilan orangtua wisudawan/ti priode II 2017-2018 dibawakan oleh Bapak Samardi Mira yang merupakan wali dari Anggit Rubianto mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2014. Samadi Mira menyampaikan rasa bahagia dan terimakasih yang mendalam kepada seluruh jajaran dekan fakultas dan jajaran ketua serta dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan yang telah menjalankan tugasnya untuk mendidik tanpa lelah dan penuh dedikasi. “Semoga para calon wisudawan dapat mendharma baktikan diri kepada masyarakat dan bangsa”. Sedangkan kata sambutan perwakilan dari calon wisudawan/ti disampaikan oleh Ahmad Junaedi mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2014, “Kami meminta maaf jika selama mendidik kami, ibu dan bapak dosen banyak mengalami kesulitan. Bagaimana pun atas jasa serta jerih payah ibu bapak dosen sekalian kami dapat menjadi calon wisudawan saat ini. Dokan kami kelak agar mampu mengaplikasikan ilmu yang telah kami dapatkan kepada masyarakat”, ujar Junaedi dalam sambutannya.

Sebagai salah satu bentuk per­hatian Ilmu Pemerintahan UMY kepada para lulusannya dengan memberikan beberapa apresiasi dan penghargaan yaitu, lulusan terbaik, lulusan termuda, lulusan dengan prestasi akademik dan non-akademik, dedikasi kepada Ilmu Pemerintahan UMY, skripsi terbaik dan lulusan dengan predikat cumlaude. Lulusan terbaik diraih oleh Rachmadi Alam dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,90 dan lulusan termuda Ilmu Pemerintahan yakni Dias Ayu Hapsari di umur 20 tahun, 3 bulan, 8 hari. Penyerahan penghargaan ini berlangsung diberikan oleh Dekan FISIPOL, Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si, dan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Muchammad Zaenuri, M.Si di sela pelaksanaan inagurasi. Wisuda program studi Ilmu Pemerintahan periode II TA. 2017/2018 akan diikuti sebanyak 95 mahasiswa dengan jumlah predikat cumlaude mencapai 21 orang.

 

 

Berita terkait:

Siap Jadi Praktisi, Politisi, Akademisi hingga Konsultan