Sleman (Yogyakarta) –  Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Desa Brajan Kab.Sleman (5/7/18) sebagai salah satu pengamalan Tridarma Universitas, seperti yang di sampaikan oleh Ketua Program studi IP Dr. Muchammad Zaenuri dalam sambutannya ‘’selain mengajar dan meneliti kami sebagai tenaga pengajar di  Universitas  juga harus melakukan pengabdian terhadap masyarakat, sebagai bentuk Tridarma Universitas. Selain itu juga sebagai pengamalan keilmuan yang kami miliki. Tujuan pengabdian ini nantinya akan mencoba membantu mengembangkan desa wisata kerajinan bambu di Desa Brajan,  serta meningkatkan penjualan yang selama ini masih rendah karena belum dikelola dengan tepat’’ ujar ketua Program Studi IP.

Kegiatan yang bertajuk Training of Trainers (TOT) diiukuti oleh para instruktur pelatih pengerajin bambu yang ada di Desa Brajan, seperti yang dikatakan oleh H. Ngadikin (Ketua Pengelola Desa Wisata Brajan) “Untuk masalah keahlian membuat karya atau cindera mata dari bambu para trainers sudah memiliki kemampuan yang luar biasa bahkan ada beberapa diantara trainers yang sudah sampai ke Papua, Maluku dan Bali dalam memberikan pelatihan pengelolaan dan pembuatan cinderamata dari bambu, namun  kami masih memiliki beberapa kesulitan untuk pengembangannya sendiri, baik dalam masalah pemasaran,  keahlihan trainers dalam menyapaikan materi pelatihan serta paket-paket wisata atau pelatihan di  desa masih belum terlalu diperhatikan, warga masih jalan masing-masing. Besar harapan kami untuk bias terus bermitra dengan IP UMY dalam mengembangkan desa wisata ini atau malah jika bersediah kami siap menjadi Desa Binaan UMY” ungkapnya.

Dalam pertemuan awalnya kemarin sesi pertama para trainers diperkenalkan dengan konsep entrepreneur atau kewirausahaan. Materi tersebut disampaikan langsung oleh salah satu dosen Ilmu Pemerintahan yang focus mengkaji masalah kewirausahaan yaitu Dra. Atik Septi Winarsih M.Si dalam materi yang dipaparkan, beliau membekali dengan beberapa prinsip-prinsip dalam kewirausahaan seperti Jujur, Tegas, Berani Mengambil Resiko, Berani dengan tantangan serta waspada.