Mendeley merupakan aplikasi untuk mengelola sumber referensi ilmiah online dan media sosial bidang akademik. Mendeley deskop memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, mengelola tulisan sesuai prosesur pengutipan dan sitasi yang benar serta dapat membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini. Mendeley dapat memudahkan penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah seperti tugas makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, dan Jurnal Ilmiah.

Namun, tidak semua mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY mengerti penggunaan mendeley deskop, maka untuk memudahkan mahasiswa Ilmu Pemerintahan mengoprasikan perangkat lunak mendeley Program Studi Ilmu Pemerintahan menyelenggarakan pelatihan mendeley pada Sabtu (07/04/2018). Pelatihan ini sebagai salah satu komponen mata perkuliahan dari Metode Penelitian Sosial yang diampu oleh Dr. Suswanta, M.Si.

Dalam praktik penggunaan mendeley, pelatihan dimulai dari pembuatan akun bagi setiap mahasiswa, secara intensif dan cermat Aidilla menjabarkan cara penggunaan mendeley hingga cara menemukan artikel yang diinginkan sebagai bahan referensi tulisan. Pada sesi selanjutnya Nur Hasyim memberikan pemahaman mengenai cara pengutipan yang baik menggunakan mandeley, sebagai sebuah aplikasi yang mengelola literatur, mandeley dinilai memiliki kelebihan seperti setiap orang yang sebelumnya menggunakan aplikasi ini dapat mengakses literatur yang telah dikumpulkannya dimana saja selama terhubung dengan koneksi internet dan mengakses mandeley deskop.

Kegiatan yang diadakan di Laboratorium Komputer Ilmu Pemerintahan UMY dipandu langsung oleh Arda Putri Winata, MA., (pustakawan pusat UMY), Nur Hasyim Latif, SIP., (pustakawan pusat UMY) dan Aidilla Qurotianti., SIP (pustakawan laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY). Respon dari pelatihan ini peserta cukup antusias, karena mamudahkan peserta dalam penyusunan tugas kuliah terhindar dari praktik plagiasi. Selain itu, mahasiswa diajarkan langsung cara menyusun daftar pustaka sesuai pedoman. Harapannya pelatihan ini rutin dilaksanakan bagi seluruh mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY.