GOVERNMENT VILLAGE FAIR (GVF)

September 13, 2017 oleh : superadmin-ip

Acara Government Village Fair merupakan program kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan se-Indonesia (FOKKERMAPI) Dewan Pimpinan Daerah II Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Tengah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo pada hari Jum’at sampai Minggu, 8-10 September 2017. Terpilihnya pelaksanaan di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, karena Desa Hargomulyo merupakan Desa Budaya di Kabupaten Kulon Progo serta sebagai pilot project untuk menjadi desa berkemajuan. Adapun rangkaian agenda kegiatan Government Village Fair adalah sebagai berikut, Sekolah Kilat Kewirausahaan, Sosialisasi UU Desa, Semarak Hargomulyo, Membangun Jaringan dan Kemitraan Kerja, serta Sarasehan tentang Konsep Desa Berkemajuan.
Sekolah kilat diberikan untuk memberikan pengenalan tentang strategi bisnis, membranding sebuah produk lokal yang bernilai jual. Sementara Sosialisasi Undang-Undang Desa dibagi menjadi tiga tahapan diantaranya adalah: (a) mengenalkan konsep pembangunan Desa berkemajuan, (b) peluang dan tantangan dalam Demokrasi Desa, (c) BUMDes dalam pengembangan usaha dalam perspektif undang-undang. Sementara semarak Hargomulyo adalah sebuah kegiatan inti untuk memberikan apreasiasi kepada masyarakat Desa Hargomulyo dalam mengenalkan kesenian lokal dan makanan lokal yang mampu bersaing dengan produk lokal lainnya di Indonesia. Agenda selanjutnya membangun jaringan dan kemitraan kerja, pada kegiatan ini akan diisi oleh beberapa pemateri dari Dosen Ilmu Pemerintahan UMY maupun pemateri dari luar seperti, Dinas UMKM Kabupaten Kulon Progo, Rumah Branding, dan Perusahaan Buka Lapak untuk dapat memberikan kemitraan kerja kepada Desa Hargomulyo. Agenda terakhir yaitu Sarasehan Desa berkemajuan yang akan membahas tentang alokasi dana desa dan menggali potensi daerah dengan kearifan lokal.
Kegiatan ini diikuti oleh delegasi Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Se-Indonesia diantaranya dari Universitas Diponegoro, Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Jendral Ahmad Yani, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Palangkaraya, Universitas Wiralodra, dan Universitas Brawijaya Malang. Sebagai salah satu upaya untuk memberikan pembekalan generasi penerus bangsa khususnya mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang akan selalu memberikan pengabdian kepada masyarakat Indonesia. Hadirnya mahasiswa Nasional diharapkan bisa memberikan jawaban atas permasalahan yang terjadi pada masyarakat, serta bisa menjadi aktor penggerak untuk menciptakan suatu kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Diadakannya Government Village Fair maka diharapakan bisa memberikan sebuah jawaban atas semua permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Arif Darmanto selaku Asisten Daerah satu bidang pemerintahan yang mewakili Bupati Kulon progo, dalam sambutan beliau menghimbau perlunya motivasi untuk desa guna pengoptimalan kearifan lokal yang ada. Melalui pembekalan dan juga pendampingan diharapkan mampu memberikan jawaban atas permasalahan, dan dapat menjadi salah satu desa percontohan khususnya diprovinsi Daerah Istimewa yogyakarta. Kegiatan ini juga didukung oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selaku instansi pendidikan, Jusuf Kalla School Governement, Prodi Ilmu Pemerintahan, International Program of Government Affairs and Administration (IGOV),  Magister Ilmu Pemerintahan (MIP), dan Laboratorium Ilmu Pemerintahan. Selanjutnya kegiatan ini media partner dengan Kedaulatan Rakyat (KR) dalam peliputan dan publikasi agenda kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bukti dalam pengamalan tridarma perguruan tinggi.