FISIPOL UMY Bantu Kembangkan Potensi Desa Tirtoadi

September 4, 2018 oleh : superadmin-ip

Sleman (04/09/18). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Fisipol UMY) melaksanakan kegiatan workshop dalam rangka pengembangan kapasitas pemerintah desa. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Kepala Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman ini disambut langsung oleh Sabari (Kepala Desa Tirtoadi) dan Ridwan (Sekteraris Desa Tirtoadi). “Workshop ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk memberikan pendalaman tentang pemerintahan desa yang baik dan pengembangan UMKM sehingga dapat berbicara banyak di kanca Internasional” Ujar Sabari dalam sambutannya.

Narasumber dari kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Masyarakat Desa Tirtoadi ini adalah Dr. phil. Ridho Al Hamdi, MA (Dosen Prodi Ilmu PemerintahanUMY), Nur Sofyan, S.I.Kom., M.I.Kom (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMY) dan dimoderatori oleh Sakir, S.IP., M.IP (Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UMY).

Tema workshop yang disampaikan oleh Dr. phil. Ridho Al Hamdi, MA adalah “Capacity Building, Strategi Mewujudkan Good Governance”. Dalam penyampaiannya, Ridho mengajak seluruh Perangkat Desa Tirtoadi untuk meningkatkan kinerja dan kapasitasnya terutama dibidang kebijakan guna meningkatkan UMKM dan potensi lain yang dimiliki Desa Tirtoadi. Sembari memaparkan materi, Dosen Prodi IP UMY sekaligus sebagai Sekretaris Kelas Internasional IP UMY (IGOV) ini menyampaikan bahwa pada Tahun Ajaran 2018/2019 akan ada mahasiswa asing yang berasal dari USA, Thailand, dan Malaysia untuk belajar serta mengetahui lebih dalam lagi tentang kearifan lokal yang ada di Desa Tirtoadi.

Selanjutnya Nur Sofyan, S.I.Kom., M.I.Kom memaparkan materi terkait dengan BUMDES, mulai dari pengelolaan hingga pemasaran. Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMY ini memberikan sebuah inovasi pemasaran atau memperkenalkan potensi desa dengan menggunakan media sosial Instagram. “Instagram saat ini sangat bermanfaat bagi semua kalangan, terutama sebagai alat pemasaran yang efektif ketimbang media massa lainnya. Bagaimanapun juga penggunaan media sosial Instagram di Indonesia sangat tinggi, karena penggunanya tidak hanya anak muda saja, melainkan semua umur dari anak-anak hingga orang tua” ungkap Sofyan.

Setelah kegiatan workshop usai, Tim Dosen Fisipol UMY melakukan observasi potensi desa yang ada di Desa Tirtoadi. Diantaranya adalah: Embung Ketingan, Embung Janturan, Sentra Kerajinan Bambu, Persawahan, dan Peternakan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung kondisi potensi desa yang ada dan permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaanya. Sehingga Tim Dosen Fisipol UMY akan menjadikan hasil observasi sebagai dasar untuk menyusun program dan kegiatan pengelolaan potensi desa untuk memujudkan kesejahteraan masyarakat.

Berita & Foto: Muhammad Dwi Nurfaisal