Dosen IP UMY Antusias Ikuti Workshop E-Learning

September 8, 2018 oleh : superadmin-ip

Sabtu, 8 September 2018 Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP Fisipol UMY) mengadakan workshop e-learning. Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium IP UMY mulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIB ini dihadiri oleh Dosen Prodi IP UMY.

Narasumber dalam workshop kali ini adalah Dr. Bambang Riyanta, S.T., M.T (Dosen Prodi Teknik Mesin UMY) dan di asisteni oleh Muhammad Ma’arif Fatullah (Staff Biro Sitem Informasi UMY bidang e-learning). Dalam penyampaiannya, Dr. Bambang Riyanta, S.T., M.T menjelaskan bagaimana pentingnya penggunaan jaringan internet sebagai langkah memudahkan action dalam mengefisiensikan waktu dan tenaga. “Karena di era milenial saat ini, segala bentuk informasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja, termasuk memberikan informasi terkait dengan pembelajaran kepada mahasiswa dalam e-learning”, ujar Bambang.

Pelatihan yang berlangsung kurang lebih 6 jam ini, langsung dihadapkan dengan praktik pengisian komponen-komponen yang ada di dalam e-learning. Mulai dari pembuatan akun e-learning bagi dosen yang belum memiliki akun, hingga pengisian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang nantinya akan digunakan sebagai acuan proses belajar mengajar selama satu semester. Hal yang menarik perhatian para dosen dalam melakukan  pembelajaran melalui e-learning adalah metode ujian/quiz dapat dilakukan secara online.

Seusai kegiatan, Dr. Phil. Ridho Al Hamdi, MA (Dosen Prodi IP UMY) mengutarakan sangat mendukung penuh model pembelajaran dengan menggunakan e-learning ini “bagi saya kegiatan workshop e-learning ini sangat bagus dilaksanakan, karena bagaimanapun juga workshop ini menjadi modal awal bagi dosen khususnya untuk mengaplikasikan e-learning. Selajutnya pembelajaran melalui e-learning menjadikan sebuah angin segar UMY sebagai proses internasionalisasi, sehingga UMY dapat dikenal dunia luas karena proses pembelajarannya mengikuti perkembangan jaman dan tidak membosankan”, ujar Ridho.

Berita & Foto: Muhammad Dwi Nurfaisal