Dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah untuk jurnal nasional maupun internasional  bagi dosen.  Lembaga Pengembangan Pendidikan Penelitian dan Masyarakat (LP3M) UMY bekerja sama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) serta Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY, mengadakan Berdikari Camp pelatihan menulis artikel ilmiah yang berfokus pada pengembangan masyarakat yang diselenggarakan pada 11-12 April 2018 di Hotel Puri Asri, Magelang, Jawa Tengah.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Ir Sukamta, M.T., IPM, mengungkapkan bahwa acara Berdikari Camp ini adalah upaya untuk meningkatkan kompetensi pada dosen dalam menulis artikel ilmiah yang berbasis pada pengabdian masyarakat. Karya tulis ilmiah yang ditulis oleh dosen tidak hanya dalam bentuk laporan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dn acara Berdikari Camp ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.

Acara Berdikari Camp ini diikuti oleh 53 dosen UMY serta 12 pendamping, dalam acara ini nantinya akan di seleksi dari jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen yang saat ini masih berjumlah 80 artikel dan masih bisa bertambah lagi, artikel kemudian akan diseleksi oleh tim untuk masuk ke buku jurnal Berdikari UMY atau akan di paparkan pada saat Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat dengan tema “Penguatan Inovasi IPTEKS bagi Pemerintah Daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2018 nanti.

Kegiatan  Berdikari Camp ini merupakan waktu dimana dosen-dosen melakukan finishing karya tullis ilmiah sebagai akhir dari serangkaian kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah yang merupakan upaya LP3M UMY untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional, selain mendorong dosen-dosen untuk terus meningkatkan kualitas artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat, kegatan ini dapat menjadi salah satu penilain hasil kinerja UMY kepada masyarakat, selain itu kegiatan ini dapat menjadi poin pertimbangan sebagai usaha UMY untuk mengahadapi pemeringkatan Dikti 17 Mei 2018 mendatang dalam skema pengabdian.

Buku jurnal ini akan terbit setiap 2 kali dalam setahun pada bulan Februari dan Agustus. Karya tulis ilmiah dalam buku jurnal berdikari nantinya akan menjadi bahan pembelajaran pemberdayaan masyarakat khususnya pembangunan pedesaan serta perkotaan dari berbagai aspek di Indonesia secara partisipatif, berdikari, dan berkelanjutan. Buku ini akan mempublikasikan topik-topik aktual, kritis dan bernas (argumentatif), seputar program pemberdayaan masyarakat, pemanfaatan teknologi tepat guna, serta tata kelola pembanngunaan pedesaan maupun perkotaan secara partisipatif, mandiri, toleran dan berkelanjutan, yang diharapkan akan menjadi jurnal rujukan bagi para penggiat program pemberdayaan masyarakat, peneliti, serta pengamat sosial budaya dan kemasyarakatan di Indonesia. Selain itu dengan upaya ini juga akan membentuk kultur menulis secara mandiri dan melekat pada dosen UMY.