Belajar Smart City, IP UMY Melakukan KKL di Pemkot Bandung

Desember 1, 2018 oleh : superadmin-ip

Bandung – Setelah hari sebelumnya melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di BAPPENAS, BNPB, dan Komisi 1 DPR-RI, Prodi Ilmu Pemerintahan UMY melanjutkan KKL di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota Bandung pada Selasa (27/11).

Dalam rangkaian terakhir KKL yang dilaksanakan pada 26-27 November 2018 ini langsung disambut oleh Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi dan Pengembangan Sumberdaya TIK Diskominfo Pemkot bandung Ayi M. Rahmat, S.IP., MM. “Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh adik-adik Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY di lingkungan kerja Pemkot Bandung”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung ini diikuti oleh 34 Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Angkatan 2016 yang mengambil Mata Kuliah Tata Kelola Informasi Pemerintahan.

Sakir, S.IP., M.IP selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Kelola Informasi Pemerintahan memaparkan maksud dan tujuan kedatangannya di Pemkot Bandung adalah untuk mempelajari Tata Kelola E-Government dalam mewujudkan Smart City di Kota Bandung.

Secara garis besar Penerapan E-Government di Kota Bandung mengacuh pada arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) dengan berlandaskan framework city asia yang dibagi menjadi 6 klaster. “Pemerintah Kota Bandung dalam menerapkan E-Government berlandaskan pada 6 Klaster framework city asia yaitu Smart Governance, Smart Economy, Smart Society, Smart Branding, Smart Living, dan Smart Evironment, jadi semuanya itu saling berhubungan dalam menerapkan E-Government”, ujar Ayi.

Selain mengacuh pada arahan Kominfo RI, penerapan E-Government di Kota Bandung memiliki acuan pada Peraturan Walikota Bandung Nomor 1338 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam melakukan inovasi, Pemerintah Kota Bandung juga memiliki integritas yang berkesinambungan dalam menerapkan E-Government. “Kita tidak hanya memikirkan inovasinya saja, melainkan memikirkan bagaimana inovasi tersebut berintegritas dan memiliki kesinambungan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat”, imbuh Ayi.

Menutup kegiatan kali ini  seluruh peserta KKL diberikan kesempatan untuk berkunjung dan melihat fasilitas yang dimiliki oleh Pemkot Bandung yaitu “Bandung Planning Gallery”. Sebagaimana yang diketahui Bandung Planning Gallery adalah sebuah tempat yang didesain khusus untuk memberikan informasi kepada publik terkait dengan identitas Kota Bandung di masa lalu dan masa depan dalam bentuk grafis visual dan multimedia yang berbasis teknologi informasi. (Faisal/Sulthon).

Link berita terkait: https://www.radarjogja.co.id/2018/12/04/belajar-smart-city-ip-umy-kkl-di-pemkot-bandung/