Klaten – Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP Fisipol UMY) mengadakan Kuliah Lapangan di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan yg dilaksanakan pada Sabtu (10/11) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Mahasiswa mengenai Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Ponggok, yang juga salah satu BUMDES terbaik di Indonesia.

Narasumber dalam kuliah lapangan ini adalah Direktur BUMDES Tirta Mandiri Ponggok Joko Winarno dan Kepala Desa Ponggok Junaidi Mulyono. Sementara itu kuliah lapangan kali ini diikuti oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Semester 5 yang mengambil Mata Kuliah Tata Kelola Pemerintahan Desa.

“Kami bisa sebesar ini karena kami dulu juga merasakan pahit manisnya berjuang untuk membangun Desa ponggok”, ujar Joko. Selain itu Direktur BUMDES Tirta Mandiri Ponggok tersebut juga memaparkan transparan dan akuntabelnya Pemerintah Desa Ponggok merupakan salah satu yang menjadi kunci sukses berjalannya BUMDES di Desa Ponggok hingga sebesar ini.

BUMDES milik Desa Ponggok memang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan karena kesuksesannya. Pendapatan per bulan yang sangat tinggi, membuat Desa Ponggok menjadi salah satu desa percontohan dalam Tata Kelola BUMDES di Indonesia.

Selain itu kesuksesan Desa Ponggok ini tidak terlepas dari Perencanaan Pembangunan yang baik dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Desa Ponggok.

Dalam menutup Kuliah Lapangan tersebut Kepala Desa Ponggok menambahkan perlu adanya motivasi dan kemauan untuk mewujudkan cita-cita yang telah terkonsep. “Desa Ponggok ini besar karena masyarakatnya punya cita-cita dan kemauan untuk maju, tinggal kami pemerintah desa melakukan pengarahan dan pendampingan agar cita-cita itu tidak salah jalan”, ujar Junaidi. (Andrean).