Yogyakarta – Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong yang dihadiri langsung oleh Rektor Dr. Rustamadji, M.Si melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kunjungan ini juga dihadiri Eko Priyo Purnomo, S.IP., M.Res., M.Si., Ph.D selaku Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMY, Prof. Dr. Siswoyo Haryono, M.M selaku Wakil Direktur Bidang Akademik Program Pascasarjana UMY, dan Dr. M. Nurul Yamin, M.Si selaku Wakil Direktur Bidang Sumberdaya dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana UMY.
Dalam kunjungannya ke Pascasarjana UMY, Rektor Unimuda Sorong menyampaikan bahwa lulusan UMY sangat berpeluang untuk menjadi dosen di Unimuda Sorong yang dulunya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong ini.
“Unimuda Sorong merupakan transformasi dari STKIP Muhammadiyah Sorong. Memiliki semangat muda yang ingin ditumbuhkan melalui tenaga-tenaga pendidik berkualitas,” Ujar Rustamadji. Tujuan dari kunjungan yang dilaksanakan pada Rabu (16/1) bertempat di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana Lantai 1 Kampus UMY Terpadu ini merupakan bentuk open recruitment bagi lulusan UMY untuk bergabung sebagai dosen di Unimuda Sorong.
“Unimuda Sorong tertarik untuk membuka Program Studi Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, dan Manajemen, oleh karena itu kami memprioritaskan lulusan dari Magister Ilmu Pemerintahan (MIP), Magister Hubungan Internasional (MIHI), dan Magister Manajemen (MM) UMY sebagai dosen di Unimuda Sorong,” Imbuh Rustamadji.
Terkait dengan ketertarikan Unimuda Sorong dalam membuka Prodi Ilmu Pemerintahan, maka lulusan Prodi Ilmu Pemerintahan UMY (S1) dan yang telah selesai melaksanakan studi di Prodi Magister Ilmu Pemerintahan UMY (S2) memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan karir akademiknya di Unimuda Sorong.
“Dengan sudah adanya MoU antara UMY dan Unimuda Sorong, sangat memungkinkan kejelasan bagi lulusan UMY untuk mengembangkan karir akademiknya di kampus Perserikatan Muhammadiyah ini,” ujar Yamin. Selain itu Wakil Direktur Bidang Sumberdaya dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana UMY ini mengatakan setelah adanya MoU antara UMY dengan Unimuda Sorong, maka jarak antara Yogyakarta dengan Sorong Papua Barat tidak lagi jauh, ungkapnya dengan nada guyon. Dengan arti lain setelah adanya MoU ini maka antara UMY dan Unimuda Sorong saling berkomitmen untuk mentransfer para akademisi yang berkualitas serta memiliki semangat tinggi untuk semakin kokoh mengamalkan amal usaha persyarikatan (Muhammadiyah) di bidang pendidikan. (vd/As)